Presiden Zelensky: Pasukan Kami Tiap Hari Tangkap Tentara Rusia, Mereka Cuma Anak-anak yang Bingung Kenapa di Sini
Tentara Rusia di Nikolaev yang berhasil ditangkap (Foto via @ArmedForcesUkr)

Bagikan:

JAKARTA - Ukraina boleh saja digempur habis-habisan oleh pasukan Vladimir Putin. Tapi tak bikin Presiden Volodymyr Zelensky hanya terus berdiam saja.

Dari Ukraina dia kembali mengunggah video pernyataannya melalui Facebook. Di video itu, Zelensky menyindir lagi strategi perang Putin yang tidak ada arah. Meski kota besar mereka Kherson akhirnya jatuh juga ke tangan Vladimir Putin.

"Tentara kami, penjaga perbatasan kami, pertahanan teritorial kami, bahkan petani sederhana menangkap tentara Rusia setiap hari, dan mereka semua mengatakan hal yang sama: Mereka tidak tahu mengapa mereka ada di sini,'' kata Zelensky dalam sebuah pidato yang diposting di halaman Facebook-nya seperti dikutip dari New York Times.

“Ini bukan prajurit dari negara adidaya. Ini adalah anak-anak bingung yang telah dimanfaatkan," kata sang presiden lagi, Kamis 3 Maret.

Sejak invasi dimulai, Zelensky memang rutin mengeluarkan seruan perang, melempar semangat sampai mengirim pesan kepada dunia. Zelensky memanfaatkan betul jejaring media sosial.

Dia juga sadar saat ini menjadi target buruan nomor wahid pasukan Rusia. Namun bukan berarti dia memilih kabur.

“Meskipun jumlahnya sepuluh kali lipat, moral musuh semakin rendah,” kata Zelensky.

"Kami adalah orang-orang yang telah menghancurkan rencana musuh kami dalam satu minggu," sindir dia lagi.