Hoaks, Pesan Berantai Pesawat Kargo Asal China Tebarkan Senjata Biologis di Seluruh Indonesia
Ilustrasi-Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Beredar sebuah informasi melalui pesan WhatsApp bahwa terdapat pesawat kargo asal China yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Pesawat tersebut diklaim telah menyebarkan chemtrail, senjata biologis, di seluruh wilayah Indonesia.

Pesan itu bernarasi:

TERNYATA PESAWAT CHINA INI HABIS MENYEBARKAN CHEMTRAIL SENJATA BIOLOGI VIRUS COVID-19 DI SELURUH WILAYAH INDONESIA, TERNYATA BIANG KEROKNYA NEGARA CHINA”

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, tidak ada pemberitaan valid yang menyatakan bahwa pesawat kargo asal China tersebut telah menyebarkan chemtrail senjata biologis di seluruh wilayah Indonesia.

"Informasi tersebut memiliki konteks yang salah karena faktanya pesawat kargo asal China tersebut telah mendarat tanpa izin di Bandara Soekarno-Hatta pada 20 Januari 2022," tulis Turnbackhoax dilansir Selasa, 2 Maret. 

Diketahui pesawat tersebut mengangkut pesawat yang dibeli oleh PT berinisial URI yang merupakan salah satu maskapai di Indonesia. PT URI yang bertanggung jawab atas angkutan yang dibawa pesawat asal China tersebut seharusnya memberitahu otoritas bandara 48 jam sebelum menuju ke Bandara Soekarno-Hatta.

Atas kejadian ini Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta telah mengamankan dan memeriksa dua awak kru asal China CP Airlines dengan nomor penerbangan CYZ25.

turnbackhoax

Dengan demikian klaim “Pesawat Kargo China Mendarat di Bandara Soetta Tanpa Izin Ternyata Menyebarkan Chemtrail” merupakan informasi yang salah dan termasuk ke dalam kategori Konten yang Menyesatkan.