Waspada Hoaks Pesan Undian Bank Indonesia Berhadiah Uang dan Mobil
ILUSTRASI/PIxabay

Bagikan:

JAKARTA - Beredar pesan berantai melalui WhatsApp yang mengatasnamakan Bank Indonesia. Pesan itu menyebut BI sedang mengadakan undian berhadiah, dari uang tunai hingga mobil. 

"YTH nasabah BANK INDONESIA Anda resmi terpilih pemenang ke(2) dengan PIN Pemenang: 02579120 dari BANK INDONESIA INFO lengkap www.program-bi.online," tulis pesan berantai tersebut.

Dalam pesan berantai yang berdar, tersemat tautan situs web yang berisi keterangan lengkap terkait program undian tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jabar Saber Hoaks, lewat akun Facebooknya, pesan berantai mengenai undian uang hingga mobil yang mengatasnamakan Bank Indonesia adalah tidak benar atau hoaks. 

Hal ini diperkuat dengan pernyataan Humas Bank Indonesia, Anton yang mengklarifikasi bahwa, pesan berantai atau informasi itu hoaks. 

"Itu hoaks. Linknya saja buka dari situs Bank Indonesia," tutur Anton seperti dikutip dari Facebook Jabar Saber Hoaks pada Minggu, 27 Desember.

Kemudian, dalam Facebook Bank Indonesia yang sudah terverifikasi memastikan pesan berisi hadiah uang tunai hingga mobil adalah hoaks. Berikut adalah keterangan dalam laman Facebook Bank Indonesia:

"Dapat mobil gratis dari Bank Indonesia...?

Siapa sih yang gak mau, bener gak #SobatRupiah ?

Tapi ingat, untuk selalu kritis serta cerdas dalam menerima informasi, karena BI tidak pernah mengadakan "Bonus Pembagian Mobil" seperti gambar berikut!

Jadi waspadalah terhadap HOAX!!

Yuk kritis dan cerdas dalam menerima informasi.

Jadi, jangan pernah ragu untuk Hubungi BICARA 131 untuk menghindari penipuan yang mengatasnamakan Bank Indonesia."