Dinkes: 38 Warga Banda Aceh Terkonfirmasi <i>Probable</i> Omicron
Ilustrasi-(Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

BANDA ACEH - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banda Aceh menyatakan sebanyak 38 warga di Ibu Kota Provinsi Aceh itu terkonfirmasi positif probable COVID-19 varian Omicron. Untuk memastikan sampel pasien dikirimkan ke Balitbangkes Kemenkes di Jakarta.

"Warga Banda Aceh yang sudah probable Omicron sebanyak 38 orang dari 50 sampel positif yang diambil untuk diuji," kata Kepala Dinkes Banda Aceh Lukman di Banda Aceh, Antara, Kamis, 24 Februari.

Dia mengatakan 50 sampel positif untuk pengujian probable Omicron tersebut diambil dari kasus COVID-19 di lingkungan Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh secara acak, baik mahasiswa atau unsur lainnya, dan hasilnya 38 orang terdeteksi probable.

"Di Banda Aceh tidak ada pengujian Whole Genome Sequencing (WGS) sehingga untuk memastikan varian Omicron, itu harus dikirimkan ke Jakarta," katanya.

Sebelumnya, Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Aceh juga mendeteksi sebanyak 60 warga Aceh terkonfirmasi positif probable COVID-19 varian Omicron.

Untuk mengetahui probable Omicron tersebut, Balitbangkes Aceh sendiri menggunakan S-Gene Target Failure (SGTF), selanjutnya baru dikirimkan ke laboratorium rujukan nasional di Jakarta.

Lukman juga menyampaikan bahwa kasus COVID-19 di Banda Aceh itu terjadi peningkatan dalam beberapa waktu terakhir.

Berdasarkan laporan terakhir yang diterima pada Rabu (23/2), terjadi penambahan sebanyak 38 kasus positif COVID-19, kemudian 39 orang dinyatakan sembuh.

Kemudian, saat ini juga masih terdapat 230 warga Banda Aceh yang menjalani isolasi mandiri, dan tiga masyarakat lanjut usia (lansia) dengan komorbid dirawat secara intensif di rumah sakit.

"Memang terjadi peningkatan kasus COVID-19 di Banda Aceh dalam beberapa waktu ini, karena itu kita berharap masyarakat untuk selalu disiplin protokol kesehatan, sehingga penyebaran virus ini dapat kita cegah bersama," demikian Lukman.