Jokowi Lantik Mantan Bos PT RNI Jadi Kepala Badan Pangan Nasional
Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo melantik Arief Prasetyo Adi menjadi Kepala Badan Pangan Nasional

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo melantik Arief Prasetyo Adi menjadi Kepala Badan Pangan Nasional. Pelantikan ini digelar di Istana Negara, Jakata Pusat.

Arief Prasetyo Adi sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT RNI. Setelah dilantik, Arief resmi memimpin Badan Pangan Nasional yang dibentuk Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional.

Pelantikan kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat yang didahului oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Usai pelantikan, Arief mengutarakan kegiatan utama Badan Pangan Nasional yang akan ia gencarkan, yakni sinergi dan kolaborasi.

Sinergi dan kolaborasi ini akan dilakukan dengan seluruh kementerian dan lembaha terkait, stakeholder pangan, asosiasi, peternak, nelayan, hingga petani.

"Sepertinya kita memang harus bersinergi, berkolaborasi. Tujuan mulia ini tidak akan bisa berhasil apabila hanya dikerjakan oleh Badan Pangan Nasional saja tentunya," kata Arief di Istana Negara, Senin, 21 Februari.

Pelantikan Arief didasarkan pada Keppres Nomor 7/M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala Badan Pangan Nasional, yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 21 Februari 2022.

Di waktu yang sama, Jokowi juga melantik Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI).

Sejumlah menteri yang turut mendampingi Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam pelantikan ini antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.