Heboh Habib Rizieq Shihab Pegang Poster 'Happy Valentine Virza,' Mari Cek Faktanya!
Ilustrasi-Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Unggahan aku Facebook Ni Made Putri Paramita soal Habib Rizieq Shihab yang mengucapkan selamat hari Valintine ke Firza Husein disorot. 
 
Dalam unggahan tersebut, Rizieq Shihab yang menggunakan baju berwarna putih tengah memegang sebuah poster bertuliskan “Happy Valentine Virza”.
 
Narasi dari si pengunggah yaitu "Ciiee rijik murtad HRS membawa kertas bertuliskan Happy Valentine Virza," sebagaimana dikutip dari turnbackhoax, Minggu, 20 Februari.
 
Benarkah foto tersebut?
Turnbackhoax

 

 
Setelah dilakukan penelusuran fakta, foto Rizieq Shihab tersebut telah diedit. Pencarian menggunakan tools tinEye diketahui foto yang sama persis beredar pertama kali pada 2017. 
 
"Dalam foto aslinya kertas yang dibawa HRS bertuliskan “MOH RIZIEQ Alias HABIB MUHAMMAD RIZIEQ bin HUSEIN SHIHAB”, setelahnya terdapat tulisan mengenai pasal-pasal yang tidak terlihat jelas, karena keterbatasan resolusi gambar," tulis Turnbackhoax
 
Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Ni Made Putri Paramita adalah tidak benar dan termasuk kategori Konten yang Dimanipulasi.