Kali Ciliwung Meluap, Permukiman Warga di Kebon Pala Jaktim Terendam Banjir Semeter Lebih
Banjir di Kebon Pala, Jakarta Timur (Foto: Rizky Sulistio/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kawasan permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur kembali terendam banjir pada Kamis 17 Februari. Luapan air Kali Ciliwung menggenangi rumah warga setinggi 1 meter lebih.

Menurut Gunawan, petugas PPSU Kelurahan Kampung Melayu, air mulai melimpas ke rumah warga terjadi sekitar pukul 03.03 WIB, dini hari.

"Pada pukul 03.03 WIB, banjir mulai merendam rumah warga setinggi 60 cm. Terendam mulai dari ujung. Kemudian pukul 05.00 WIB, ketinggian air meningkat hingga 100 meter," kata Gunawan kepada wartawan, Kamis 17 Februari.

Banjir ini disebabkan karena luapan Kali Ciliwung yang melintasi belakang pemukiman warga tersebut. Terlihat warga yang akan beraktifitas berusaha melewati banjir yang merendam rumah mereka.

Pihak Kelurahan Kampung Melayu sudah menyiapkan lokasi pengungsian. Namun hingga saat ini belum ada warga yang mengungsi. Mereka masih bertahan di lantai dua rumah mereka.

"Tempat pengungsian sudah disiapkan di SMP 26. Belum ada yang mengungsi, masih bertahan. Ketinggian hampir satu meter lebih, warga masih bertahan," ujarnya.