Tiga Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang di Sumatera Barat
Tiga Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mencatat tiga titik pohon tumbang melanda daerah itu akibat angin kencang, Rabu siang.

"Tiga pohon tumbang itu terjadi di Kecamatan Lubukbasung dua titik dan Kecamatan Tanjungmutiara satu titik," kata Kepala BPBD Agam, Muhammad Lutfi Ar di Lubukbasung, Rabu 16 Februari.

Ia mengatakan, pohon tumbang itu terjadi di Simpang Tembok, Jorong IV Surabayo, Kecamatan Lubukbasung mengakibatkan pohon asam menimpa bengkel.

Setelah itu, pohon manggis menimpa rumah milik Agusman (70) warga Gantiang, Jorong Batang Piarau, Nagari Kampuang Pinang, Kecamatan Lubukbasung.

"Pohon manggis itu mengakibatkan kamar dan dapur milik Agusman rusak ringan," katanya.

Sementara pohon tumbang di Sungai Sirah, Jorong Durian Kapeh, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darusallam, Kecamatan Tanjungmutiara.

Pohon dengan jenis kapas menimpa jaringan listrik dan merusak lengan jembatan, sehingga jalan tidak dapat dilewati kendaraan.

"Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu dan kerugian material sedang didata," katanya.

Ia menambahkan, material pohon tumbang itu sedang dibersihkan oleh tim Satgas BPBD Agam dan diusahakan selesai dalam waktu dekat.

Dengan kejadian itu, Lutfi mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan pohon tumbang, karena angin kencang masih berpotensi melanda daerah itu.

"Hindari berada di sekitar pohon saat angin kencang agar tidak menjadi korban," katanya.