Sekolah dan Kedai di Agam Sumbar Rusak Berat Tertimpa Pohon Tumbang
Satgas BPBD Agam sedang membersihkan material pohon tumbang menimpa bangunan SLB Batu Kambing/ANTARA

Bagikan:

AGAM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyatakan, bangunan Sekolah Luar Biasa (SLB) Batu Kambing, Kecamatan Ampeknagari rusak berat akibat tertimpa pohon tumbang setelah angin kencang melanda daerah itu, Selasa kemarin. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Bambang Warsito mengatakan, pohon menimpa atap kedai milik warga dan bangunan serba guna SLB, sehingga mengakibatkan kondisi rusak berat.

"Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu dan untuk kerugian masih dalam pendataan," katanya di Lubukbasung, Antara, Rabu, 19 April. 

Satgas BPBD Agam sedang membersihkan material pohon yang menimpa atap bangunan sekolah. Pembersihan menggunakan alat pemotongan kayu dan dibantu dengan masyarakat sekitar.

Pembersihan tersebut dilakukan setelah BPBD Agam mendapatkan laporan pohon tumbang menimpa SLB pada Rabu, 19 April sekitar pukul 10.21 WIB.

"Pembersihan material pohon masih berlanjut dan diusahakan selesai secepat mungkin," katanya.

Ia mengakui, pohon itu tumbang akibat angin kencang melanda daerah itu pada Selasa (18/4) siang.

Dengan kondisi itu, Bambang mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dengan cara menghindari pohon saat angin kencang disertai hujan dan memotong pohon di sekitar rumah.

Ini dalam rangka agar tidak ada korban jiwa dan harta akibat angin kencang disertai hujan.

"Kita harus antisipasi sebelum kejadian itu menelan korban jiwa," demikian Bambang Warsito.