Jenderal Dudung Ingatkan Prajurit TNI AD Hadir Atasi Kesulitan Rakyat
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat memberikan sambutannya pada acara Pengukuhan Pengurus Pusat Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD)/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman mengingatkan kembali seluruh prajurit dan pegawai ASN di lingkungan TNI AD agar selalu hadir membantu mengatasi berbagai kesulitan rakyat.

Menurut dia, prajurit harus selalu hadir karena TNI Angkatan Darat berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

"Bangsa Indonesia masih dilanda berbagai permasalahan mulai dari masalah pandemi COVID-19, bencana alam, ancaman radikalisme, serta permasalahan kebangsaan lainnya," kata KSAD dikutip dari unggahan kanal YouTube Penerangan Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikkav) TNI AD di Jakarta, Senin 14 Februari dikutip dari Antara.

KSAD meminta seluruh prajurit TNI Angkatan Darat dapat membantu masyarakat menghadirkan solusi demi mengatasi berbagai persoalan.

Instruksi itu pun jadi satu dari tujuh perintah harian KSAD kepada jajarannya di TNI Angkatan Darat.

Perintah harian itu, kata Dudung, harus dapat dipahami, dipedomani, dan dilaksanakan seluruh prajurit dan pegawai ASN TNI AD.

"Prajurit TNI Angkatan Darat selain terus berupaya meningkatkan profesionalisme sebagai prajurit juga harus turut aktif membantu pemerintah bersama komponen bangsa lainnya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih makmur dan sejahtera," kata Jenderal Dudung kepada jajarannya.

Di samping membantu rakyat, KSAD juga memerintahkan prajurit TNI AD untuk menerapkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI di mana pun bertugas dan berada.

"Tunjukkan jati diri TNI Angkatan Darat sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional," kata Dudung.

Perintah lainnya, KSAD meminta jajarannya mempertajam kepekaan terhadap situasi, serta proaktif terhadap segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

"Tegakkan kedaulatan dan pertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sampai titik darah penghabisan," tegas Jenderal Dudung.

Kemudian, Dudung juga memerintahkan para prajurit TNI AD untuk dapat berkontribusi terhadap kesejahteraan rakyat sehingga itu dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap TNI Angkatan Darat.

Terakhir, KSAD juga meminta seluruh jajaran TNI AD meningkatkan sinergitas dengan pemerintah, Polri, dan komponen bangsa lainnya dalam rangka menyukseskan program pemerintah.

"Semoga Tuhan Yang Mahakuasa selalu bersama kita dalam setiap langkah pengabdian kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama," kata Dudung kepada prajurit TNI AD.