Densus Tangkap 3 Teroris di Bengkulu, Salah Satunya Ketua Cabang JI
ILUSTRASI/DOKUMENTASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Densus 88 Antiteror menangkap tiga terduga teroris di Bengkulu. Ketiganya merupakan jaringan Jamaah Islamiyah (JI) yang terhubung dengan kelompok lainnya.

"Tiga orang tersebut adalah jaringan JI Bengkulu yang terhubung dengan JI Palembang, Riau dan Sumatera Utara," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Kamis, 10 Februari.

Ketiga terduga teroris ini berinisial CA, M, dan R. Sedangkan CA merupakan ketua Cabang JI Bengkulu.

"CA terlibat sebagai Ketua JI Cabang Bengkulu yang tugasnya adalah merekrut," kata Ramadhan.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui ketiga teroris yang ditangkap pada Rabu, 9 Februari ini, telah berbaiat kepada JI sejak tahun 1999. <ereka aktif dalam berbagai kegiatan penggalangan dana hingga menyembunyikan buronan.

"Mereka aktif dalam perekrutan, penggalangan dana, dan memfasilitasi pelaku atau DPO untuk sembunyi atau melarikan diri," kata Ramadhan.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror meringkus dua terduga teroris di Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Kedua terduga teroris itu berinisial RAU (31) dan SU (51). Mereka ditangkap di lokasi berbeda pada 9 Februari.

Untuk RAU diringkus di Jalan Bener, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Sedangkan, SU ditangkap di Jalan Nyai Cabe, Sewon, Garon, Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul.