Bagikan:

JAKARTA - Hasil survei Populi Center menyatakan mayoritas warga Jakarta puas atas kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama lebih dari empat tahun memimpin.

Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra, Mohamad Taufik menyebut keberhasilan Anies di mata warganya dipengaruhi oleh peran dari partainya sebagai pengusung Anies sejak Pilkada DKI 2017 hingga sekarang.

"Ada peran Gerindra di keberhasilan Pak Anies di Jakarta. Enggak bisa dimungkiri. Kan Pak Anies yang usung Gerindra. Ada efektifnya begitu, lho," kata Taufik saat dihubungi, Kamis, 10 Februari.

Melihat hasil survei Populi Center, Gerindra menyatakan banyak yang mengakui Anies berhasil menjalankan programnya selama memimpin Ibu Kota. Sehingga, pihak yang masih kerap mengkritik Anies, menurut Taufik, mereka tak melihat secara objektif.

"Memang harus kita akui kinerjanya bagus. Buktinya apa? Genangannya berkurang, waktunya berkurang. Itu kan bukti kalau masih ada yang ngomong begono-begini, mereka enggak mau melihat objektifnya," ucap dia.

Sebagai informasi, Populi Center merilis jajak pendapat mengenai kepuasan Anies di Jakarta. Ketika ditanya mengenai tingkat kepuasan terhadap kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI saat ini, secara

umum tingkat kepuasannya relatif tinggi.

Sebesar 73,3 persen masyarakat menilai puas terhadap kinerja Pemprov DKI Jakarta, sedangkan yang menjawab tidak puas sebesar 14,5 persen. Masyarakat yang menjawab biasa saja atas kinerja Pemprov DKI Jakarta sebesar 11,2 persen, dan yang menjawab tidak tahu/tidak menjawab sebesar 1,0 persen.

Survei Populi Center ini dilakukan pada periode 26 Januari hingga 1 Februari 2022 dengan sampel responden tersebar secara proporsional di 60 kelurahan di DKI Jakarta.

Survei dilakukan melalui tatap muka atau wawancara langsung. Jumlah sample awal 600 yang dipilih secara acak (multistage random sampling) dengan margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.