Spesifikasi Rudal Balistik Jarak Jauh Baru Iran: Berbahan Bakar Padat, Sasar Target Sejauh 1.450 Kilometer
Komandan Angkatan Udara Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh. (Wikimedia Commons/Tasnim News Agency/Mahmood Hossein)

Bagikan:

JAKARTA - Pasukan elite Iran, Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) meluncurkan rudal balistik jarak jauh baru dengan akurasi tepat, dijuluki 'Kheibarshekan' (penghancur kastil).

Peluncuran rudal buatan dalam negeri ini dilakukan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mayor Jenderal Mohammad Hossein Baqeri dan Komandan Angkatan Udara IRGC Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh, saat mengunjungi pangkalan rudal Angkatan Udara IRGC pada Hari Rabu.

Mengutip Tasnim News Agency Rabu 9 Februai, rudal Kheibarshekan dapat mengenai target dalam jarak 1.450 kilometer dengan akurasi yang tepat. Senjata strategis ini adalah rudal jarak jauh generasi ketiga yang dikembangkan oleh IRGC dengan kemampuan hebat.

Rudal baru didorong oleh bahan bakar padat dan mampu menembus perisai rudal dengan kemampuan manuver yang tinggi selama tahap pendaratan.

Dari sisi desain, modifikasi yang dilakukan terhadap Kheibarshekan mampu memangkas seperti beratnya dibandingkan dengan rudal serupa. Sementara, waktu persiapan peluncurannya pun lebih cepat, berkuran menjadi seperenam dari biasanya.

Fitur pembeda lainnya dari rudal balistik baru ini dibandingkan pendahulunya adalah, kelincahan dan kecepatannya yang tinggi dalam mencapai sasaran. Rudal canggih ini sepenuhnya dirancang dan diproduksi oleh para ahli lokal dari IRGC Aerospace Force.

Pada Hari Senin pekan ini, Komandan Pasukan Dirgantara IRGC Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh menyoroti pencapaian luar biasa IRGC dalam industri rudal. Dia mengatakan "rudal strategis" baru akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Berbicara kepada wartawan, Jenderal Hajizadeh mengatakan rudal itu diproduksi sejak lama dan telah siap digunakan untuk operasi tempur.