Soal Capres 2024, Ridwan Kamil: Lebih Realistis Maju Jabar Dua Kali
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/ Foto: Mery Handayani/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menilai pencalonan dirinya untuk menjadi kepala daerah Jawa Barat yang kedua kalinya lebih realistis ketimbang maju sebagai calon presiden (capres) 2024.

"Kalau enggak (deklarasi nyapres 2024) pun enggak ada masalah kan, dua kali Gubernur Jabar juga lebih realitis kira-kira begitu," kata pria yang akrab disapa Kang Emil, saat ditemui di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, Sabtu, 29 Januari.

Namun, Kang Emil mengakui dirinya tidak menolak jika kesempatan sebagai capres 2024 datang kepada dirinya.

"Wartawan nanya siap apa tidak, kalau ada kesempatan kan bismillah, jawaban saya selalu sama," ucapnya.

Lebih lanjut, Ridwan mengaku sedang mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya adalah maju melalui kendaraan partai politik, Partai Amanat Nasional (PAN). Ia mengatakan pada pertengahan tahun ini, dirinya akan mengumumkan ke publik.

"Ya sedang dipertimbangkan banyak hal. Nanti pasti pertengahan tahun saya kabarkanlah ke teman-teman media," jelas Kang Emil.

Diberitakan sebelumnya, Emil memastikan akan tetap fokus bekerja sebagai kepala daerah terkait keputusan pemerintah yang telah menyepakati jadwal Pemilu pada Rabu, 14 Februari 2024.

"Terkait waktu pemilu yang sudah diketuk. Saya kira pertanyaan capres itu tinggi, tapi saya sampaikan fokus saya tetap akan bekerja, ya saya senang 2022 karena banyak kerjaan yang selesai," ujar Ridwan Kamil dikutip Antara, Selasa, 25 Januari.