Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDIP Puan Maharani merespons soal Gerindra yang merekomendasikan Ridwan Kamil maju di Pilgub Jakarta 2024. Puan menyatakan PDIP realistis dan siap bekerjasama dengan siapa pun dan partai politik manapun. 

"Kita partai politik, khususnya PDIP siap bekerjasama dengan siapapun, khususnya setelah melihat peta lapangannya seperti apa," ujar Puan, Selasa, 4 Juni. 

Puan menilai, partai juga harus realistis untuk mengusung cagub yang potensial, termasuk Ridwan Kamil. Apalagi, survei pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga masih tinggi. 

"Ya harus realistis bagaimana melihat situasi di lapangan karena setiap daerah itu wilayahnya itu beda-beda, ini kira-kira peluangnya ada di wilayah mana," katanya. 

Saat ditanya nama Anies Baswedan, Puan pun tak menutup pintu. Menurutnya, mantan gubernur DKI Jakarta itu juga patut dipertimbangkan. 

"Menarik juga pak Anies," kata dia. 

 

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan partainya merekomendasikan mantan Gubernur Jawa Barat sekaligus politikus Golkar, Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. 

"Nah, bahwa kemudian soal posisinya kang Emil itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," ujar Dasco.

Namun, Dasco membantah jika rekomendasi Gerindra berbeda dengan Golkar. Di mana Golkar memerintahkan Ridwan Kamil Maju kembali pada Pilgub Jabar. 

Wakil Ketua DPR itu yakin, Golkar juga akan memberikan rekomendasi Ridwan Kamil maju di Pilkada Jakarta. 

"Saya rasa bukan, bukan berbeda tetapi pasti akan sama, bahwa Ridwan Kamil akan direkomendasikan maju di DKI Jakarta," kata Dasco.