Bagikan:

JAKARTA - PDIP Jawa Barat melirik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024.

Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono menilai figur Susi menarik untuk dijadikan sebagai calon gubernur Jabar.  

Hal itu disampaikan Ono menanggapi sosok yang akan dicalonkan PDIP di Pilkada Jabar mendatang terkait Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi atau sosok penantang yang bakal dimunculkan PDIP. 

Ono mengatakan, PDIP Jabar menunggu putusan parpol-parpol di Koalisi Indonesia Maju (KIM) terkait calon gubernur yang akan diusung pada Pilgub Jawa Barat 2024.

Sebab, kata dia, keputusan KIM bakal mengusung Ridwan Kamil atau Dedi Mulyadi masih belum final. 

"Statement Airlangga (Ketum Golkar, red) tunggu bulan Juli, Gerindra akan paketkan Demul (Dedi Mulyadi) dengan Bima Arya. Saya lihat masih belum final, PDIP nunggu itu," ujar Ono Surono kepada wartawan, Rabu, 19 Juni. 

"Sembari nunggu, kita komunikasi dengan PKS, PPP, PKB, termasuk dengan PAN terkait dengan kemungkinan koalisi yang terbangun di Jabar," sambungnya.  

Ono lantas menyebut nama Susi Pudjiastuti yang patut dipertimbangkan sebagai cagub Jabar. Pertimbangan itu, kata dia, berdasarkan pernyataan Susi yang siap dicalonkan jika diminta masyarakat maju di Pilkada Jabar 2024.

"Ada statement bu Susi, beliau apabila diminta masyarakat, beliau akan siap. PDIP akan dalami itu, apakah bu Susi siap untuk kita usung. Kita bisa dorong partai lain eksplor lebih jauh kesiapan bu Susi. Menurut saya bu Susi figurnya menarik," ungkap Ono. 

Karena itu, Ono berencana menemui Susi di kampung halamannya di Pangandaran untuk memperjelas kesiapannya tersebut. Sebab Ono mengaku belum mendengarnya secara langsung. 

"Saya jujur belum, baca dari media online soal kesiapan bu Susi. Insya allah saya akan berkunjung langsung bertemu bu Susi sekalian liburan ke Pangandaran," katanya.