Bagikan:

JAKARTA - Rentetan peristiwa kebakaran yang terjadi di wilayah Jakarta, menghanguskan berbagai surat berharga dan dokumen administrasi kependudukan para korban kebakaran.

Seperti diketahui, salah satu peristiwa kebakaran melanda puluhan rumah penduduk di kawasan Kelurahan Mangga Dua Selatan, Jalan Budi Rahayu 1, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Menurut Yono (39), salah satu warga yang rumahnya ludes terbakar, berharap pemerintah bisa segera membantu warga yang rumahnya terbakar.

"Seperti bantuan pembuatan surat-surat (administrasi kependudukan) yang terbakar," katanya, Jumat 28 Januari, kemarin.

Menanggapi permintaan warga, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sekdis Dukcapil) DKI Jakarta, Yadi Rusmayadi, menyebut pihaknya siap melayani masyarakat korban bencana banjir maupun kebakaran.

"Terkait bencana, Dinas Dukcapil DKI setiap ada bencana apabila mereka akan mengurus dokumen kependudukannya, kami akan lakukan pelayanan ditempat (jemput bola, red). Nantinya petugas akan mendata dokumen apa saja yang hilang," ujarnya saat dihubungi VOI, Sabtu 29 Januari.

Bagi warga korban kebakaran yang ingin mengurus administrasi kependudukan, sambungnya, dapat mendatangi kantor Kelurahan terdekat.

"Bisa datang ke kelurahan terdekat atau kami turun ke lokasi. Biasanya kita langsung mendekat ke lokasi kebakaran dan lokasi banjir. Prinsipnya, kami siap lakukan pelayanan di lokasi bencana," katanya.