Uni Emirat Arab  dan Arab Saudi Klaim Berhasil Cegat Dua Rudal Balistik Kelompok Houthi
Ilustrasi. (Wikimedia Commons/paffairs_sanfrancisco)

Bagikan:

JAKARTA - Dua rudal balistik yang ditujukan ke Abu Dhabi ditembak jatuh pada Senin dini hari, kata Kementerian Pertahanan.

Pihak berwenang mengkonfirmasi, "serangan itu tidak menimbulkan korban, karena sisa-sisa rudal balistik yang dicegat dan dihancurkan jatuh di daerah terpisah di sekitar emirat."

"Senjata itu diluncurkan oleh kelompok teroris Houthi," sebut pihak kementerian, mengutip The National News dari Kantor Berita Negara WAM 24 Januari.

Sementara itu, saksi mata penduduk sipil setempat mengatakan, Kilatan terlihat di langit di atas ibu kota sekitar pukul 4.15 pagi.

Kementerian mengatakan "siap menghadapi ancaman apa pun dan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi negara dari serangan".

Di Abu Dhabi pada Hari Senin, siswa kembali ke sekolah seperti yang direncanakan setelah beberapa minggu belajar jarak jauh dan jalan-jalan sibuk.

Sementara, penerbangan di bandara lepas landas seperti biasa pada Senin pagi yang sibuk. Media sosial mengklaim bahwa bandara ditutup tampaknya sepenuhnya salah.

Tidak ada penerbangan yang direncanakan antara pukul 03:45 dan 05:10, dengan 17 penerbangan lepas landas antara saat itu dan pukul 9 pagi sesuai jadwal, papan siaran langsung bandara menunjukkan.

Terpisah di Arab Saudi, Koalisi mengatakan telah menghancurkan rudal balistik yang diluncurkan oleh Houthi ke arah Kota Dhahran Al Janub pada Senin pagi.

Pecahan peluru dari rudal yang dicegat mendarat di zona industri kota dan gambar kendaraan yang terbakar diterbitkan oleh media lokal.

Serangan itu terjadi hanya beberapa jam setelah kelompok negara-negara Liga Arab bertemu di Kairo, untuk menyerukan agar Amerika Serikat menetapkan Houthi sebagai kelompok teroris.

Selama lebih dari enam tahun, Houthi telah memerangi koalisi pimpinan Saudi yang mencakup UEA, berulang kali melakukan serangan rudal lintas batas dan pesawat tak berawak ke Arab Saudi, dan meluncurkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di UEA pada 17 Januari, mengutip Reuters.

Sementara Televisi Al Masirah yang dikelola Houthi mengatakan kelompok itu akan mengumumkan dalam beberapa jam rincian "operasi militer yang luas" terhadap Arab Saudi dan UEA.

Untuk diketahui, Pemerintah AS mengatakan sedang mempertimbangkan langkah tersebut setelah ledakan di UEA pada Senin, 17 Januari, menewaskan tiga pekerja perusahaan minyak dan melukai enam, dalam serangan yang dikutuk oleh para pemimpin dunia.

Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang bersama dengan Amerika Serikat telah berjuang untuk merancang gencatan senjata untuk Yaman, telah menyuarakan keprihatinan atas eskalasi dan menyerukan pengekangan maksimum oleh kedua belah pihak.

Koalisi yang dipimpin Saudi telah meningkatkan serangan udara pada apa yang digambarkannya sebagai sasaran Houthi di Yaman.

Setidaknya 60 orang tewas dalam serangan di pusat penahanan sementara di provinsi Saada utara pada hari Jumat, dan sekitar 20 orang tewas di ibu kota Sanaa yang dikuasai Houthi dalam operasi pada Hari Selasa.