Ulang Tahun ke-75, Mensos Risma Buka-bukaan Soal Megawati Soekarnoputri: Sosok yang Detail dan Konsisten
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri berulang tahun hari ini atau Minggu, 23 Januari. Perayaan pun digelar dengan menanam pohon mangrove di Bali.
 
Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma mengatakan cara ini dilakukan sebagai langkah untuk memenuhi amanat Megawati untuk merawat bumi.
 
"Sehingga masyarakat bisa menikmati kenyamanan karena kondisi bumi ini terawat," kata Risma seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Minggu, 23 Januari.
 
Lebih lanjut, secara pribadi Ketua DPP PDIP itu mengaku kerap belajar banyak dari Megawati. Bahkan, dia selalu berupaya untuk berdiskusi dengan Presiden ke-5 RI tersebut.
 
Mantan Wali Kota Surabaya ini bahkan mengatakan ada tiga hal yang bisa dicontoh dari Megawati. Pertama soal konsistensi.
 
"Apapun risikonya, jika sudah mengambil keputusan itu dipegang," tegasnya.
 

 
Kedua, Megawati adalah sosok yang sangat detail. Bahkan, Risma ingat ketika dia akan bertolak ke Indonesia Timur, Megawati memintanya untuk mempersiapkan barang-barang yang diperlukan dengan baik demi menghindari hal yang tak diinginkan.
 
"Pelajaran itu mengajarkan kepada saya, untuk saya selalu berbicara detail dalam setiap langkah," ungkap Risma.
 
"Tidak bisa kemudian, setelah misalkan ada kebijakan atau policy, kenapa saya kemudian memantau penyaluran. Kalau saya memantau bansos, itu tidak bisa tanpa melakukan pengawasan, apakah itu benar-benar terealisasi ke bawah, itu benar-benar yang harus kita kontrol," imbuhnya.
 
Terakhir, Megawati juga selalu berpesan untuk menjaga persatuan dan gotong royong. "Itu yang utama. Saya pikir, saya selalu sampaikan ke seluruh staf dan warga," pungkasnya.