Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Hampir Rampung
Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM)/DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Manajer Proyek Kontrol dan Komunikasi Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) Adriani menyebut progres pembangunan pada revitalisasi TIM sudah hampir rampung.

"Progres revitalisasi TIM sudah hampir rampung. Ini sebenarnya secara fisik sudah rampung, tinggal detail-detail kecil, finshing, dan perizinan," kara Adriani kepada wartawan, Jumat, 21 Januari.

Per tanggal 17 Januari 2022 tercatat revitaliasasi tahap satu hampir selesai. Di antaranya Masjid Amir Hamzah dan gedung parkir taman yang sudah 100 persen, lalu Gedung Panjang yang mencakup perustakaan, galeri, dan wisma seni mencapai 99 persen.

Tahap kedua yakni Planetarium dan pusat latihan seni 68 persen, Galeri Annex mencapai 99 persen; Graha Bhakti Budaya (GBB) 75 persen, dan teater halaman 50 persen.

Kemudian, menyusul tahap ketiga dengan proses pemasangan lampu, hingga peralatan pada interior gedung-gedung.

"Tahap pertama sudah 99 persen. Tahap kedua tahap ketiga kita hampir sedang menyusul progresnya, supaya kurang lebih bisa segera rampung gitu," ujar dia.

Adriani mengungkapkan, wajah baru TIM yang direvitalisasi ini akan menambah kapasitas ruang hijau sebesar 12 persen. Sehingga, kini ruang hijaunya mencapai 27 persen dalam satu kawasan tersebut.

"Sekarang, konsepnya adalah ruang hijau dan ruang terbuka publik. Akan lebih banyak ruang untuk berjalan karena gedung parkir berada di basement. Basement ini akan terintegrasi dengan Gedung Panjang dan GBB," ungkap Adriani.