Angkut Bantuan Internasional, Dua Kapal Perang Selandia Baru Ditargetkan Merapat di Tonga Hari Jumat
Foto udara Tonga usai erupsi gunung berapi dan tsunami dari pesawat pengintai P3 Selandia Baru. (Wikimedia Commons/NZ Defence Force)

Bagikan:

JAKARTA - Dua kapal angkatan laut Selandia Baru yang membawa bantuan bencana akan tiba di Tonga pada hari Jumat, pasokan internasional pertama yang mencapai negara kepulauan Pasifik yang terguncang akibat letusan gunung berapi dan tsunami.

Ratusan rumah di pulau-pulau kecil terluar Tonga telah hancur, dan sedikitnya tiga orang tewas, setelah letusan dahsyat Sabtu pekan lalu yang disebut pemerintah sebagai "bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya".

Dengan komunikasi yang sangat terhambat oleh putusnya kabel bawah laut, informasi tentang skala kehancuran sejauh ini sebagian besar berasal dari pesawat pengintai.

Kementerian Luar Negeri Selandia Baru mengatakan, Pemerintah Tonga telah menyetujui kedatangan HMNZS Wellington dan HMNZS Aotearoa di negara bebas COVID-19, di mana kekhawatiran tentang potensi wabah virus corona kemungkinan akan memperumit upaya bantuan.

"Kapal diharapkan tiba di Tonga pada Hari Jumat, tergantung pada kondisi cuaca," kementerian itu dalam sebuah pernyataan, mengutip Reuters 19 Januari.

Penerbangan pengintai dengan menggunakan pesawat P3 Orion Pertahanan Selandia Baru kedua akan terbang di atas Tonga dan Fiji pada Hari Rabu, kementerian menambahkan, untuk menilai kerusakan yang disebabkan oleh tsunami.

Letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai mengirimkan gelombang tsunami melintasi Samudra Pasifik ketika meletus dengan ledakan yang terdengar sejauh 2.300 km (1.430 mil) di Selandia Baru.

tonga
Foto udara Tonga usai erupsi gunung berapi dan tsunami dari pesawat pengintai P3 Selandia Baru. (Wikimedia Commons/NZ Defence Force)

Gelombang mencapai tinggi hingga 15 meter menghantam kelompok pulau luar Ha'apia, menghancurkan semua rumah di Pulau Mangga, serta pantai barat pulau utama Tonga, Tongatapu, jelas kantor perdana menteri.

Selandia Baru mengatakan listrik sekarang telah dipulihkan, denganan penilaian pembersihan dan kerusakan sedang berlangsung. Pasokan bantuan sedang didistribusikan oleh otoritas Tonga.

Sementara itu, Perdana Menteri Tonga Siaosi Sovaleni telah bertemu dengan kepala misi diplomatik yang berbasis di negara itu untuk membahas dukungan mereka, kata pernyataan itu.

Terpisah, Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan pada konferensi pers di Canberra, bahwa dia berharap untuk berbicara dengan PM Sovaleni pada Hari Rabu.

"Ini adalah lingkungan yang sangat sulit untuk beroperasi, awan abu dan hal-hal semacam itu. Pasukan pertahanan kami telah mempertahankan operasi mereka dan mengerahkan seperlunya, seperti yang diarahkan," sebut PM Morrison.

Tonga sebagian besar masih offline setelah gunung berapi mengeluarkan satu-satunya kabel komunikasi optik api bawah laut. Penyedia jaringan telepon seluler internasional Digicel telah menyiapkan sistem sementara di Tongatapu menggunakan parabola Universitas Pasifik Selatan, kata kementerian luar negeri Selandia Baru.

Itu akan memungkinkan koneksi 2G dibuat tetapi koneksi tidak merata dan hanya mencakup sekitar 10 persen dari kapasitas biasa. Sementara, perusahaan kabel A.S. SubCom memprediksi dibutuhkan setidaknya empat minggu untuk memperbaiki koneksi kabel Tonga.

Komunitas Tonga di luar negeri memposting gambar baru yang diterima dari keluarga di rumah di Facebook, memberikan gambaran sekilas tentang tingkat kehancuran.

Gambar-gambar itu menunjukkan rumah-rumah menjadi puing-puing, pohon tumbang, jalan retak dan trotoar, dan abu dari letusan gunung berapi menyebar ke seluruh pulau.

James Garvin, kepala ilmuwan di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, mengatakan kekuatan letusan diperkirakan setara dengan lima hingga 10 megaton TNT, kekuatan ledakan lebih dari 500 kali bom nuklir yang dijatuhkan Amerika Serikat di Hiroshima, Jepang, pada akhir Perang Dunia Kedua.

Badan-badan bantuan, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, sedang bersiap untuk melakukan operasi bantuan untuk Tonga dari jarak jauh untuk menghindari wabah COVID-19, koordinator PBB yang berbasis di Fiji Jonathan Veitch mengatakan pada hari Rabu.

Badan tersebut akan melakukan sebagian besar operasi dari jarak jauh, dan mungkin tidak mengirim personel ke pulau itu, katanya dalam sebuah pengarahan.

"Kami percaya akan dapat mengirim penerbangan dengan persediaan. Kami tidak yakin bahwa kami dapat mengirim penerbangan dengan personel dan alasannya adalah Tonga memiliki kebijakan bebas COVID yang sangat ketat," tukas Veitch.

Untuk diketahui, Tonga adalah salah satu dari sedikit negara yang bebas COVID-19 dan wabah di sana akan menjadi bencana. Negara kepulauan kecil ini memiliki cakupan imunisasi 90 persen,baik pada orang dewasa dan juga orang muda di atas usia 12 tahun, unkap Veitch.

"Mereka sangat berhati-hati dalam membuka perbatasan mereka seperti banyak pulau Pasifik, dan itu karena sejarah wabah penyakit di Pasifik yang telah memusnahkan masyarakat di sini," paparnya.

Terpisah, proses pembersihan abu landasan pacu bandara menjadi prioritas pemerintah. Bandara Internasional Fua'amotu utama di kepulauan itu tidak rusak, tetapi abunya harus dibuang secara manual.

"Kami pikir itu akan beroperasi kemarin, tetapi belum sepenuhnya dibersihkan karena lebih banyak abu yang jatuh," ujar Veitch dari PBB.

Australia dan Selandia Baru telah menjanjikan bantuan keuangan segera ke Tonga. Adapun Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) menyetujui 100.000 dolar AS dalam bentuk bantuan langsung untuk mendukung orang-orang yang terkena dampak letusan gunung berapi dan gelombang tsunami.