Polresta Sidoarjo Ungkap Kasus Penipuan Lewat Media Sosial, Korban Kehilangan Motor dan Uang Jutaan Rupiah
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

SIDOARJO - Tim Polresta Sidoarjo, Jawa Timur mengungkap kasus penipuan dan penggelapan yang dilakukan NH dengan mencari korban lewat media sosial.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan, pelaku NH menjaring korbannya dengan menggunakan media sosial.

"Kemudian pelaku berkenalan dengan K perempuan asal Tulangan, Sidoarjo," katanya dikutip Antara, Selasa, 18 Januari.

Kapolresta mengatakan, sekitar enam bulan keduanya melakukan komunikasi secara intensif melalui media sosial hingga akhirnya memutuskan untuk melakukan pertemuan tatap muka.

"Dari perkenalan keduanya di media sosial, berlanjut pertemuan tatap muka langsung sebanyak dua kali," ujarnya.

Pada pertemuan kedua di sebuah kafe di Porong, NH, meminjam sepeda motor K untuk ke sebuah tempat, namun setelah ditunggu hingga beberapa jam NH tidak kembali.

Karena merasa telah menjadi korban penipuan atau penggelapan, kata Kombes Kusumo, korban K akhirnya melaporkan kejadian tersebut di Polsek Porong Polresta Sidoarjo.

Korban mengaku kehilangan satu unit sepeda motor yang sampai sekarang masih dalam pencarian barang bukti oleh polisi. Selain itu, di dalam jok motor ada uang tunai senilai Rp3 juta dan satu unit telepon genggam.

“Dari laporan korban, polisi langsung menangkap NH sebagai tersangka kasus penipuan atau penggelapan, sebagaimana dalam Pasal 372 atau 378 KUHP dengan ancaman penjara selama empat tahun,” ujar dia.

Kapolresta Sidoarjo mengimbau masyarakat, agar bijak dalam menggunakan media sosial serta jangan mudah percaya dengan orang tak dikenal, melalui media sosial.

"Sekali lagi, kepada masyarakat lebih berhati-hati jika berkenalan dengan orang terutama melalui media sosial," ucapnya.