Polda Metro Tempatkan Penonton <i>Street Race</i> di Sisi Jalan Inspeksi Kali Ancol
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Unit 2 Satuan Patroli dan Pengawalan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKP Harnas Prihandito mengatakan penonton balap jalanan (street race) Polda Metro Jaya akan ditempatkan di sepanjang sisi trotoar Jalan Inspeksi Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Di bahu trotoar juga dipasangi pembatas pagar hitam setinggi 80-90 sentimeter (cm) atau setengah badan orang dewasa untuk menjaga keselamatan penonton.

"Penonton akan ditempatkan di jalan (trotoar) sebelah kali. Di sini kan ada setapak jalan sepanjang trek, nanti mereka bisa nonton di pinggir situ, dibatasi dengan pagar warna hitam setengah badan," kata Harnas dikutip Antara, Jumat, 14 Januari.

Penonton bisa masuk ke lintasan lewat Pintu Gerbang Ancol Timur. Setelah masuk, penonton akan diarahkan menuju ke area Gerbang Festival Ancol.

"Dari area festival nanti ada beberapa pintu yang akan kami buka untuk mereka menyeberangi lintasan menuju ke tempat penonton. Semua (wajib) parkir di dalam Ancol, tidak ada yang parkir di luar," kata Harnas.

Polda Metro Jaya menyiapkan ratusan personel gabungan untuk bersiaga mengatur lalu lintas dan keramaian di lokasi hingga acara "street race" selesai.

Sementara pemasangan tenda untuk area mekanik (pit stop), persiapan pembatas jalan (barrier) dan pengecekan kondisi aspal di Jalan Inspeksi Kali Ancol yang telah diperbaiki adalah sejumlah pekerjaan yang sudah selesai dilakukan pada Jumat ini.

Sementara di sisi-sisi jalan, ranting pohon yang tadinya merambat hingga ke jalan sudah dilakukan penopingan.  Cat-cat dinding yang mulai pudar kini sudah dilakukan pengecat ulang hingga warnanya terang.

"Kelengkapan untuk aspal sendiri sudah maksimal, sudah 90 persen, pengecatan dan untuk keselamatan di kanan-kirinya masih kami muat (loading). Karena masih ada hari esok, kami akan evaluasi terus demi keselamatan untuk hari Minggu," kata Harnas.

Sedangkan penonton maupun warga yang ingin melintasi jalan maupun menonton balapan nanti, diimbau tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan "hand sanitizer" untuk mencegah penularan COVID-19 di masa pandemi.

Pengunjung juga dilarang membawa minuman beralkohol, senjata api maupun senjata tajam ke area Street Race Polda Metro Jaya demi keamanan bersama.

Ada pun panjang trek yang disiapkan untuk balap jalanan Polda Metro Jaya sepanjang 800 meter dari total 1,1 kilometer (km) panjang Jalan Inspeksi Kali Ancol. Jarak 800 meter terbagi untuk 500 meter lintasan balapan dan 300 meter untuk jarak aman pengereman.

Pendaftaran balapan yang digelar pada 15 Januari mendatang di kawasan Ancol, Jakarta Utara, sudah dibuka secara daring melalui situs loket.com dengan kuota maksimal 350 pembalap.

Saat ini, joki atau pembalap yang sudah mendaftar kurang lebih 340 pendaftar.

Terdapat sejumlah kelas sepeda motor yang akan digunakan pembalap untuk berpartisipasi pada ajang balapan sepeda motor tersebut, di antaranya Bebek 2-tak, Bebek 4-tak, Sport 2-tak, Sport 4-tak, Matik 4-tak, Vespa 2-tak serta kelas bebas (Free for All).

Ada juga kelas berkendara sepeda motor minggu pagi (Sunday Morning Riding/Sunmori) dengan ban besar dan lampu menyala, namun belum dijelaskan seperti apa aturan balapan di kelas tersebut.

Pembalap yang sudah mendaftar nantinya akan melakukan balapan secara bergantian sejak pukul 10.00 WIB.