Penyakit Saraf Ferdinand Hutahaean dan Tawaran Berobat Gratis
Ferdinand Hutahaean di Bareskrim Polri (Foto: Rizky Adytia Pramana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Penyakit yang diderita tersangka kasus ujaran kebencian, Ferdinand Hutahaean, akhirnya terungkap. Dia disebut menderita gangguan kelistrikan saraf yang disebut sebagai akar masalah dari cuitan 'Allahmu Lemah'.

Terungkapnya penyakit eks politikus Demokrat itu berdasarkan keterangan dari kuasa hukumnya, Ronny Hutahaean. Di mana, penyakit itu berdampak pada kondisi pada fisik dan pikirannya.

"Setahu saya dan penyampaian beliau (penyakit, red) gangguan kelistrikan saraf," ujar Ronny kepada VOI, Selasa, 11 Januari.

Penyakit itu sangat berdampak dengan kondisi fisik Ferdinand. Sebab, eks politikus partai Demokrat itu menjadi mudah pingsan.

"Tentang saraf yang mana tiba-tiba beliau anfal atau pingsan karena mungkin kondisi rasa kecapean atau ada pikiran sehingga menimbulkan pingsan dan itu sering terjadi hampir 1 bulan sekali," katanya.

Bahkan, penyakit gangguan saraf ini pun sudah diderita Ferdinand selama dua tahun. Namun, tak dirinci bagaimana awal mula Ferdinand menderita penyakit tersebut.

"Yang saya tau dan saya pernah menyaksikan ya beliau itu sudah jalan hampir 2 tahun atau lebih," kata Ronny.

Pernyataan soal penyakit Ferdinand Hutahaean ini pub direspon oleh eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo. Dia menawarkan untuk membawa Ferdinand ke RSK Puri Nirmala Yogyakarta untuk berobat

"Tetapi 'tawaran perawatan' saya di RSK Puri Nirmala masih berlaku lho, bilamana Ybs mendadak 'Mengalami GJ'. AMBYAR," tulis Roy dalam akun Twitter-nya @KRMTRoySuryo2

Menurut Roy Suryo, tawaran berobat ini agar Ferdinand tak mengulangi perbuatannya lagi. Terlebih, tidak membuat kegaduhan di masyarakat.

"Saya selaku Ketua Yayasan menawarkan secara GRATIS sdr FH utk diperiksa lebih netral & dirawat di RSK Puri Nirmala Jogja. Ini serius, jadi kalau memang Sakit ya dirawat sampai sembuh, Agar tdk membuat Gaduh Masyarakat. Tetapi kalau Sehat ya Jalani Proses Hukum yg berlaku. AMBYAR," kata Roy

Bahkan, tawaran serupa pernah diajukan dirinya ke Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta. Di mana, saat itu Roy menilai, ada kekacauan berpikir dari Ahok.

"Apa itu RSK Puri Nirmala? Ini memang RSK / Khusus Jiwa, didirikan sudah sejak 1974 di Jogja oleh Alm Prof Dr dr KPH Soejono, SpS, SpKJ. Dulu pernah juga saya tawarkan utk Pengobatan Ahok (saat dia kacau pikirannya) soal Taman BMW vs Kemenpora. Sekarang utk FH, GRATIS, tis. AMBYAR" cuit Roy Suryo.