Bakal Dilantik Hari Ini, Menteri Keuangan Baru Belanda Positif COVID-19 Kemarin
Menteri Keuangan Belanda Sigrid Kaag. (Wikimedia Commons/Ministerie van Buitenlandse)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Keuangan baru Belanda Sigrid Kaag akan melewatkan upacara pelantikan pemerintah baru Belanda pada Hari Senin ini, setelah ia dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

"Saya telah dites positif corona. Ini akan menjadi awal yang sedikit berbeda dari yang saya harapkan," ujar Kaag dalam unggahan di Twitter Hari Minggu, mengutip Reuters 9 Januari.

"Pelantikan saya akan dilakukan secara digital. Untungnya saya merasa baik-baik saja," sambungnya.

Pemerintahan keempat berturut-turut Perdana Menteri Mark Rutte akan dilantik oleh Raja Belanda Willem-Alexander pada Hari Senin, hampir 10 bulan setelah pemilihan terakhir dan setahun sejak pemerintahan sebelumnya mengundurkan diri.

Meskipun koalisi pemerintah terdiri dari empat partai yang sama yang telah memimpin sejak 2017, butuh waktu hampir 300 hari untuk menyatukan mereka kembali setelah pemilihan umum 17 Maret yang tidak meyakinkan, membuat partai-partai semakin enggan untuk berkompromi.

Pelantikan mereka dilakukan di tengah peningkatan tajam dalam infeksi virus corona karena varian Omicron, meskipun ada penguncian luas yang membuat sebagian besar tempat umum ditutup sejak pertengahan Desember.

Untuk diketahui, mantan diplomat PBB Kaag menjabat sebagai menteri luar negeri di pemerintahan sebelumnya dan merupakan pemimpin partai terbesar kedua dalam koalisi, pro-EU D66.

Selain melewatkan pertemuan dengan raja, dia juga akan absen dari foto tradisional kabinet baru yang diambil di tangga istana kerajaan.