Israel Temukan Harta Karun 425 Koin Emas Dinasti Islam Abbasiyah
Penemuan koin emas di Israel (Twitter/helya125)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang relawan yang terlibat dalam penelitian arkeologi di Israel tengah, Oz Cohen, menemukan harta karun koin emas sebanyak 425 keping. Otoritas Kepurbakalaan Israel menduga harta itu berumur lebih dari 1.100 tahun atau tepat pada zaman Dinasti Islam Abbasiyah.

“Sungguh menakjubkan. Saya menggali tanah dan ketika saya menggali tanah, melihat apa yang tampak seperti daun yang sangat tipis. Ketika saya melihat lagi, saya melihat ini adalah koin emas. Sungguh menyenangkan menemukan harta karun yang begitu istimewa," kata Oz Cohen dikutip Reuters.

Meski begitu, lokasi pasti dari penemuan koin emas masih dirahasiakan. Otoritas setempat hanya mengungkapkan koin tersebut ditemukan dekat sebuah bengkel, yang nama pemilik maupun keberadaannya masih dirahasiakan.

“Orang yang mengubur harta karun ini 1.100 tahun yang lalu pasti berharap untuk mengambilnya dan bahkan mengamankan bejana itu dengan paku agar tidak bergerak. Kami hanya bisa menebak apa yang mencegahnya kembali untuk mengambil harta karun ini,” kata Direktur Penggalian, Liat Nadav-Ziv.

Penemuan koin emas tersebut membuat seorang ahli koin dari Antiquities Authority, Robert Kool angkat bicara. Menurutnya 425 koin emas murni 24 karat tersebut diyakini berasal dari periode Dinasti Abbasiyah pada abad sembilan. 

Uniknya, besaran jumlah uang koin yang cukup besar diyakini dimiliki oleh keluarga kaya ataupun sangat kaya pada masa itu. “Misalnya, dengan uang sebanyak itu, seseorang dapat membeli rumah mewah di salah satu lingkungan terbaik di Fustat, ibu kota Mesir yang sangat kaya pada masa itu,” kata Kool.