Pemprov Bali Segera Bangun Taman Teknologi Turyapada Tower
Gubernur Bali Wayan Koster/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

DENPASAR - Pemerintah Provinsi Bali membangun infrastruktur telekomunikasi Taman Teknologi Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali pada 2022 ini di Desa Pegayaman, Kabupaten Buleleng.

"Turyapada Tower memiliki fungsi utama untuk mengoptimalkan siaran televisi digital," kata Gubernur Bali Wayan Koster dalam keterangan tertulisnya di Denpasar dikutip Antara, Minggu, 2 Januari 2022.

Turyapada Tower dengan tinggi 115 meter itu dibangun di Desa Pegayaman Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng pada ketinggian 1.521 meter di atas permukaan laut. Dengan demikian, ketinggian total Turyapada Tower menjadi 1.636 meter.

Sebelumnya, Gubernur Bali saat menyampaikan Pidato Akhir Tahun dan Menyambut Tahun Baru 2022 juga mengatakan dengan adanya Turyapada Tower itu jangkauannya mencapai 80 persen di wilayah Kabupaten Buleleng, Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Karangasem.

Tower tersebut, lanjut dia, juga memiliki fasilitas multifungsi dan terpadu dalam kawasan pariwisata yang akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan Bali utara.

"Hal itu dalam rangka menyeimbangkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah Bali utara, selatan, timur, dan barat," ujar Koster.

Di sisi lain, untuk mendorong percepatan pelaksanaan program prioritas Provinsi Bali di desa dan desa adat, Pemerintah Provinsi Bali telah meluncurkan program Tim Desa Kerthi Bali Sejahtera.

"Keberhasilan program ini sangat ditentukan oleh dukungan aktif perbekel/lurah dan bandesa adat (pimpinan desa adat) beserta jajarannya," ujarnya.

Karena itu, Pemerintah Provinsi Bali memberlakukan kebijakan baru berupa pemberian insentif kepada perbekel sebesar Rp1,5 juta per bulan dan kepada bandesa adat diberikan tambahan insentif sebesar Rp1 juta per bulan, sehingga menjadi sebesar Rp2,5 juta per bulan.

Sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi atas prestasi kontingen Bali dalam PON tahun 2021 di Papua, Pemerintah Provinsi Bali juga memberikan bonus bagi atlet dan pelatih berprestasi dengan total anggaran sebesar Rp30,5 miliar yang akan diberikan pada awal tahun 2022.

"Dengan penghargaan ini, kami harapkan para atlet dan pelatih berbagai cabang olah raga di Bali akan semakin termotivasi untuk meningkatkan prestasi," ucap mantan Anggota DPR tiga periode itu.

Koster menambahkan, di tahun 2022 ini kerja besar penuh tantangan juga menanti kita bersama sebagai kelanjutan dampak pandemi COVID-19, khususnya yang berkaitan dengan sektor pariwisata dan perekonomian.

"Kondisi ini tentu memerlukan kesiapan mental dan komitmen kuat yang dilandasi atas sikap tulus, lurus, dan keluhuran hati dari seluruh masyarakat Bali," katanya.