Empat Tahun Hening, Big Ben Bakal Kembali Berdentang di Malam Tahun Baru 2022
Ilustrasi Big Ben, London, Inggris. (Wikimedia Commons/raduranga)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu jam paling terkenal di dunia akan kembali beroperasi, berdentang kembali pada Malam Tahun Baru 2022, setelah empat tahun hening.

Terakhir kali berdentang pada 21 Agustus 2017, Big Ben kemudian menjalani serangkaian proyek perbaikan intensif yang sangat dibutuhkan, memerlukan waktu yang panjang.

Perusahaan Jam Cumbria, yang terletak di Distrik Danau Inggris, mengambil tugas membersihkan muka jam, mekanisme dentingan, dan sekitar 1.000 bagian selama empat tahun terakhir. Tak heran, sebab jam ini memiliki berat total 5 ton dan tingginya mencapai 7 kaki 2 inci.

"Memiliki setiap mur dan baut adalah hak istimewa yang sangat besar," kata Ian Westworth, salah satu tim mekanik dalam sebuah pernyataan, mengutip CNN 31 Desember.

"Ini akan menjadi sangat emosional ketika semuanya berakhir, akan ada kesedihan karena proyek telah selesai, tetapi kebahagiaan bahwa kami telah mendapatkannya kembali dan semuanya berjalan kembali," sambungnya.

big ben
Ilustrasi Big Ben, London, Inggris. (Wikimedia Commons/Eugeniomondejar)

Nama Big Ben saat ini mengacu pada seluruh menara jam, sebenarnya itu adalah nama lonceng terbesar di dalam menara, yang digunakan untuk membunyikan jam.

Big Ben, yang berada di dalam Elizabeth Tower di Gedung Parlemen London, telah bertahan lama di ibu kota Inggris sejak 1859. Ini adalah proyek perbaikan terbesar dalam sejarahnya, menelan biaya sebesar 79,7 juta poundsterling atau sekitar 107 juta dolar.

Awal tahun ini, anggota kru yang bekerja untuk memperbaiki Big Ben menemukan kerusakan luas dari era Perang Dunia II, akibat kampanye pengeboman yang dilakukan Nazi Jerman.

Kerusakan, yang terungkap hanya ketika pengrajin dapat membongkar seluruh jam, menambah lebih banyak waktu dan uang untuk proyek perbaikan, membuat beberapa politisi Inggris mengeluh tentang biayanya.

Meski sempat tertunda, tim yang mengerjakan Big Ben masih berhasil menyelesaikan perbaikan pada 2021.

Berita itu datang tepat pada waktunya. Hari ini, Malam Tahun Baru, jam akan berbunyi pada siang, 4 sore, 9 malam, 10 malam, 11 malam. dan, tentu saja, tengah malam.

Tetapi, ada beberapa ujicoba untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik terlebih dahulu. Beberapa penduduk setempat yang beruntung mungkin telah menangkap beberapa dentang selama tes intermiten pada tanggal 29 dan 30 Desember.

Malam ini, hanya East Dial dari jam, yang menghadap ke Sungai Thames, yang akan menyala. Tapi, salah satu atraksi London yang paling dicintai telah kembali ke tempat yang seharusnya.