'Kejutan' Natal, Penampungan Hewan di Michigan Terima 800 Ekor Lebih Burung Parkit
Ilustrasi parkit. (Wikimedia Commons/Frank Vassen)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah penampungan hewan di Michigan, Amerika Serikat menghadapi kejutan Natal yang tidak biasa, ketika seorang penduduk tiba dengan membawa lebih dari 497 parkit yang dijejalkan dalam 7 kandang pada tanggal 23 Desember.

Tim dari Detroit Animal Welfare Group datang membantu burung-burung itu, yang tampaknya sedang berjuang. Mereka dibekap dan beberapa dari mereka masih sangat muda sehingga mereka membutuhkan makanan tangan, karena mereka telah dipisahkan dari ibu mereka.

Mengutip Euronews 28 Desember, kejutan pertama baru saja hilang ketika tiga hari kemudian penduduk yang sama menurunkan 339 parkit lagi di dalam kotak, sehingga total jumlah parkit yang diserahkan mencapai 836 ekor.

Burung-burung yang diperlakukan dengan buruk dilaporkan berasal dari seorang pria, yang mengatakan ayahnya menyimpan burung-burung itu di kandang di satu ruangan di rumahnya. Untuk memberi makan burung-burung itu selama sebulan, ia menghabiskan dana sekitar 1.200 dolar AS.

Shelter membutuhkan bantuan empat organisasi mitra untuk membantu rumah burung. Selain itu, masyarakat berbondong-bondong menawarkan bantuan, mengasuh, mengadopsi dan menyumbangkan mereka, termasuk mengirimkan makanan dan kandang.

Pihak berwenang menyebut parkit-parkit tersebut akan tersedia untuk diadopsi, namun setelah terlebih dahulu melewati pemeriksaan oleh dokter hewan yang ditunjuk dan dinyatakan sehat.

Sementara pihak penampungan menggaris bawahi, memiliki parkit berarti komitmen 6-15 tahun. Mereka tidak hanya membutuhkan makanan, air, dan pembersihan kandang setiap hari, tetapi juga interaksi harian, pengayaan dan waktu terbang.