Cocok Dipelihara, Ini 7 Jenis Burung yang Bisa Dilatih
Ilustrasi jenis burung yang bisa dilatih (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setiap makhluk hidup memiliki kemampuan masing-masing, termasuk spesies burung yang bisa dilatih di bawah ini. Burung yang bisa dilatih ini mampu memecahkan teka-teki, bermain game, dan bersuara. Berikut spesies burung yang bisa jadi pilihan hewan peliharaan di rumah.

1. Macaw

Macaw adalah burung beo yang berukuran besar dan memiliki warna paling populer. Kalau memeliharanya, perlu memiliki ruang yang besar agar bisa terbang dan mengembangkan kemampuan alaminya.

Macaw habitat aslinya hutan hujan di Amerika Selatan. Hewan ini bisa terbang dan dapat hidup sampai seratus tahun kalau dirawat secara tepat.

jenis burung yang bisa dilatih
Ilustrasi jenis burung yang bisa dilatih (Freepik/kuritafsheen77)

2. Burung beo Afrika

Burung beo Afrika berwarna abu-abu merupakan spesies Tunggal dari wilayah khatulistiwa Afrika Tengah. Burung spesies ini sering disebut burung paling cerdas di Bumi. Pasalnya, mereka memiliki ingatan yang luar biasa dan kapasitas emosional yang dalam. Karena itu, kalau mengadopsi spesies burung ini perlu menghabiskan waktu bersosialisasi setiap hari. Mereka bisa hidup rata-rata 50-80 tahun.

3. Kakatua

Kakatua adalah burung beo yang manis dan penyayang. Mereka membentuk ikatan kuat dengan pemiliknya dan menderita tekanan emosional hebat kalau merasa diabaikan. Kebanyakan spesies kakatua berwarna putih dengan mata kemerahan pada betina dan cokelat kehitaman pada jantan.

4. Parkit budgie

Spesies burung dengan warna cerah, salah satunya parkit budgie. Spesies ini berwarna bulu hijau muda dengan tanda pada sayapnya. Kalau di penangkaran, biasanya termasuk berwarna biru, abu-abu, putih, ungu, dan kuning. Tidak hanya panjai berbicara seperti halnya burung spesies beo lainnya. Parkit budgie bisa melakukan sejumlah trik menyenangkan kalau dilatih.

jenis burung yang bisa dilatih
Ilustrasi jenis burung yang bisa dilatih (Freepik/wirestock)

5. Lovebird

Loverbird adalah spesies yang cerdas dan memiliki rasa keingintahuan besar. Karena pandai memecahkan teka-teki dan cepat belajar, Anda perlu memastikan mereka mendapatkan kendang yang aman. Sebab mereka bisa mengenali cara membuka kendang. Selain itu, mereka dikenal burung yang cerewet dan dapat mempelajari beberapa vokalisasi sejak masih kecil.

6. Burung kenari

Burung kenari dikenal pula dengan kutilang yang memiliki nyanyian merdu. Biasanya, mereka memerlukan waktu beradaptasi. Tetapi begitu mereka kerasan, akan lebih mudah diajari dan mengeluarkan vokal yang bisa menghibur ataupun relaksasi. Melansir The Spruce Pets, Rabu, 9 Agustus, burung kutilang juga bisa belajar hinggap di jari Anda dan terbang di sekitar ruangan lalu kembali ke hinggapan.

7. Burung mynah

Burung mynah termasuk dari famili burung jalak, yang bisa belajar meniru kata dan suara manusia. Seperti halnya burung beo, spesies burung ini juga burung penyanyi. Burung mynah dikenal dengan burung yang bertubuh cokelat dengan tudung kepala warna hitam dan bercak kuning di belakang mata.

Di atas ialah tujuh spesies burung yang bisa dilatih bersuara mengucapkan kata dan meniru suara pemiliknya. Ada pula beberapa yang bisa bernyanyi merdu menambah ceria suasana rumah.