Presiden Jokowi: PAN Harus Satu Semangat dengan Pemerintah
Presiden Joko Widodo (Foto: Sekretariat Kabinet RI)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sambutan dalam dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-22 Partai Amanat Nasional (PAN). Dalam sambutannya, Jokowi berharap agar PAN berada dalam satu semangat yang sama dengan pemerintah apalagi di tengah masa krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

"Saya percaya PAN sejalan dengan semangat yang saya sampaikan tadi. Sejalan dengan semangat dengan pemerintahan yang sedang menjalankan," kata Jokowi saat dalam sambutannya yang dilakukan secara daring, Minggu, 23 Agustus.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, PAN bersama pemerintah dan pihak lainnya terus bergerak secara serentak untuk mendobrak tantangan di masa pandemi seperti sekarang ini serta melakukan langkah perbaikan yang luar biasa demi lompatan menuju Indonesia maju.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, di masa pandemi seperti sekarang ini perlu adanya sebuah langkah reformasi. Sama seperti saat reformasi 22 tahun yang lalu. 

"Kita harus memperkuat reformasi, melakukan langkah-langkah extraordinary, langkah perubahan fundamental memanfaatkan momentum krisis ini," ungkapnya.

Hanya saja, dia menilai langkah reformasi tersebut tidak mudah dilakukan saat ini. Sebab, menurut dia, saat ini sudah terlalu banyak orang yang terjebak dalam zona nyaman setelah reformasi dan justru merasa terusik ketika ada perubahan.

"Oleh sebab itu, ruang kompetisi  harus dibuka, ruang persaingan yang sehat harus diberi peluang untuk semua bidang. Kita jangan takut berkompetisi dan bersaing," ujarnya.

Selain itu dia menilai, dengan mengambil momentum pandemi ini untuk berkompetisi dan bersaing maka Indonesia akan mampu mengejar ketertinggalan. Apalagi, saat ini banyak negara maju yang mengalami kemunduran. 

"Ini kesempatan untuk membenahi berbagai kelemahan fundamental. Kesempatan untuk mengeksekusi strategi besar negara," pungkasnya.