Seminggu Penguncian Kota Xian China: Kasus COVID-19 Dekati 1.000, Belum Ada Laporan Varian Omicron
Ilustrasi Kota Xian, China. (Wikimedia Commons/chensiyuan)

Bagikan:

JAKARTA - Penguncian 13 juta orang di Kota Xian, China memasuki hari ketujuh pada Rabu, dengan banyak yang tidak dapat meninggalkan kompleks tempat tinggal mereka, bergantung pada pengiriman kebutuhan karena infeksi COVID-19 baru terus berlanjut.

Xian melaporkan 151 infeksi menular dalam negeri dengan gejala yang dikonfirmasi pada Hari Selasa, atau hampir semua dari 152 kasus secara nasional, sehingga jumlah total kasus Xian lokal menjadi hampir 1.000 selama periode 9-28 Desember. Sejauh ini, belum ada kasus varian Omicron yang diumumkan di kota ini.

Meski wabah yang terjadi di Xian lebih kecil dibanding wabah di banyak tempat di seluruh dunia, namun para pejabat telah memberlakukan pembatasan ketat pada perjalanan di dalam dan meninggalkan kota mulai 23 Desember, sejalan dengan upaya Beijing untuk segera menahan wabah yang muncul.

Orang-orang di kota tidak diizinkan meninggalkan Xian tanpa izin dari atasan atau otoritas komunitas mereka.

Seorang mekanik berusia 32 tahun pergi ke Xian dalam perjalanan bisnis dan telah merencanakan untuk pulang minggu lalu, harus tinggal lebih lama lantaran pejabat setempat menolak memberikannya dokumen perizinan untuk dapat keluar dari kota tersebut.

Itu berarti dia melewatkan hari ulang tahun istrinya dan mungkin terpaksa menghabiskan Tahun Baru di Xian.

"Saya hanya ingin pulang," katanya kepada Reuters tanpa menyebut nama, seperti dikutip 29 Desember.

Sejak Senin, Pemerintah Xian telah menangguhkan pemberian izin kepada orang-orang yang ingin meninggalkan rumah mereka untuk membeli kebutuhan pokok, karena langkah-langkah pengendalian epidemi meningkat.

Kota itu mengatakan, belanja langsung dapat dilanjutkan untuk orang-orang di daerah yang kurang berisiko setelah pengujian massal mengembalikan hasil negatif, tanpa mengatakan kapan tepatnya perintah tinggal di rumah akan dicabut.

Tindakan itu menimbulkan keluhan di media sosial dari beberapa warga, tentang akses yang tidak pasti dari produk segar.

Beberapa pemerintah tingkat kabupaten di Xian telah mulai mengatur pengiriman bahan makanan ke rumah-rumah penduduk, atau mendirikan stan sementara di kompleks perumahan besar yang menjual produk segar, sebut pemerintah kota pada hari Rabu.

Untuk diketahui, tidak ada kematian COVID baru di Cina daratan untuk hari Selasa, sehingga jumlah kematian di 4.636.

China Daratan memiliki 101.683 kasus bergejala yang dikonfirmasi pada hari Selasa, termasuk kasus domestik dan infeksi yang dibawa dari luar negeri.