Kota Xian Memasuki Hari ke-5 Penguncian, Kasus Lokal COVID-19 di China Melonjak
Ilustrasi sepinya salah satu sudut Kota Xian di China. (Wikimedia Commons /monicker)

Bagikan:

JAKARTA - Kasus virus corona bergejala lokal China merangkak naik lagi, dengan sebagian besar infeksi baru dilaporkan di kota barat laut Xian saat memasuki hari kelima penguncian.

Beban kasus Xian, 150 kasus bergejala lokal pada Hari Minggu berbanding 155 sehari sebelumnya, tetap kecil dibandingkan dengan banyak kelompok di luar negeri, tetapi telah memberlakukan pembatasan ketat pada perjalanan di dalam dan luar kota, yang mendukung upaya Beijing untuk menahan gejolak sesegera mungkin.

Wabah terbaru telah menyebabkan 635 kasus lokal yang dikonfirmasi di Xian, sebuah kota berpenduduk 13 juta orang, selama periode 9-26 Desember, tanpa infeksi varian Omicron yang dilaporkan, mengutip Reuters 27 Desember.

Di seluruh daratan China, total 162 infeksi COVID-19 yang ditularkan di dalam negeri dengan gejala yang dikonfirmasi dilaporkan pada Hari Minggu, naik dari 158 sehari sebelumnya, menurut data resmi pada Hari Senin. Tidak ada kematian yang dilaporkan pada hari Minggu.

Jumlah kasus baru menandai jumlah tertinggi infeksi simtomatik lokal sejak buletin harian yang disediakan oleh Komisi Kesehatan Nasional, mulai mengklasifikasikan pembawa tanpa gejala secara terpisah dari akhir Maret 2020.

Sementara, China Daratan memiliki 101.277 kasus yang dikonfirmasi sejak awal pandemi pada akhir 26 Desember, termasuk yang ditularkan di dalam negeri serta yang ditemukan di antara para pelancong internasional. Korban tewas tetap di 4.636.

Di Kota Xian, ditempuh dengan penerbangan dua jam ke barat daya Beijing, penduduk tidak dapat meninggalkan kota tanpa persetujuan dari majikan atau otoritas setempat, dan rumah tangga hanya dapat mengirim satu orang untuk berbelanja kebutuhan setiap dua hari.

Anggota keluarga lainnya tidak boleh meninggalkan rumah kecuali mereka memiliki pekerjaan penting atau hal-hal mendesak yang harus diselesaikan, disetujui oleh pemberi kerja atau masyarakat.

Kota Xian sendiri telah meluncurkan kampanye desinfeksi di seluruh kota, dengan staf menyemprotkan solusi pembunuh patogen di permukaan jalan dan bangunan. Warga disarankan untuk tidak menyentuh tanaman setelah disinfeksi.

Itu juga memulai babak baru pengujian massal pada hari Senin, mendesak warga untuk tinggal di rumah kecuali sampel mereka diambil.

Untuk diketahui, Kota Xianyang dan Kota Weinan, juga di Provinsi Shaanxi tempat Xian bermarkas, masing-masing melaporkan satu kasus gejala lokal pada Hari Minggu. Selain itun, infeksi lokal juga ditemukan di wilayah Guangxi dan Provinsi Zhejiang, Guangdong dan Sichuan.