Survei SMRC: Masih di Bawah 4 Persen, Dukungan Pemilih ke NasDem, PPP dan PAN Belum Meyakinkan
ILUSTRASI/Ruang paripurna DPR/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Saiful Muzani Research & Consulting (SMRC) mencatat dukungan pemilih terhadap NasDem, PPP dan PAN belum meyakinkan. 

Sebab dukungan publik terhadap ketiga partai itu masih di bawah 4 persen atau belum memenuhi ambang batas parlemen.

Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, mengatakan pada survei kali ini, NasDem hanya mendapat dukungan publik sebesar 3,4 persen, PPP 2,7 persen, dan PAN 1,8 persen.

“etiga partai ini tidak mengalami perubahan berarti dalam dua tahun terakhir,” ujar Abbas dalam forum rilis bertajuk 'Prospek Partai Politik dan Calon Presiden: Kecenderungan Perilaku Politik Pemilih Nasional' secara online, Selasa, 28 Desember.

Sementara pada survei Maret 2020 lalu, NasDem didukung pemilih 3 persen. "Sementara PPP dan PAN mendapatkan suara sekitar 2,4 dan 2,3 suara," katanya. 

Dalam survei SMRC, PDIP berada di urutan pertama dengan perolehan 25,2 persen, kedua Golkar 11,2 persen, ketiga Gerindra 10,8 persen, keempat PKB 8,4 persen, kelima Demokrat 6,2 persen, dan keenam PKS 5,1 persen. 

Sedangkan, NasDem 3,4 persen di posisi ketujuh. Disusul PPP 2,7 persen, Perindo 2,0 persen dan PAN 1,8 persen.

Survei SMRC ini dilakukan pada 8-16 Desember 2021 melalui tatap muka atau wawancara langsung. Jumlah sample awal 2420 yang dipilih secara acak (multistage random sampling) dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Dengan jumlah 2.062 atau 85 persen responden yang dapat diwawancarai secara valid. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar sekitar 2,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.