Media Iran Tampilkan Peta Kota-kota Israel yang Menjadi Target Serangan Rudal Iran, Termasuk Jenin hingga Hebron
Ilustrasi misil milik Iran. (Wikimedia Commons/Hawijpolo)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah surat kabar Iran menerbitkan peta pada Hari Rabu yang mengancam Israel dengan serangan rudal. Peta menunjukkan pin yang mewakili peringatan roket untuk puluhan target potensial, termasuk wilayah Lebanon dan kota-kota Palestina di Tepi Barat.

Peta, yang diterbitkan di halaman depan surat kabar Tehran Times, adalah bagian dari artikel berjudul 'Hanya satu langkah yang salah!'

"Intensifikasi ancaman militer Israel terhadap Iran tampaknya menunjukkan rezim Zionis telah lupa bahwa Iran lebih dari mampu untuk menyerang mereka dari mana saja," tulis surat kabar itu, dikutip dari The Jerusalem Post 18 Desember, menambahkan "tidak perlu mengingatkan rezim tidak sah Israel tentang kemampuan pertahanan Iran."

Artikel tersebut diakhiri dengan kutipan tahun 2013 oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei yang memperingatkan, Iran akan "menghancurkan Tel Aviv dan Haifa" jika Israel "membuat kesalahan" dan melakukan serangan militer.

Ancaman itu datang ketika Israel dan Amerika Serikat memajukan persiapan untuk opsi militer jika negosiasi di Wina, Austria untuk kembali ke kesepakatan nuklir JCPOA gagal. Latihan IDF besar-besaran yang meniru serangan terhadap Iran dilaporkan direncanakan digelar tahun depan.

Meskipun ancaman diarahkan ke Israel, peta menunjukkan target potensial di perbatasan dengan Lebanon dan di tempat yang tampaknya adalah Jenin dan Nablus.

roket iran
Halaman depan Tehran Times menunjukkan sejumlah target serangan Iran di Israel. (Sumber Theran Times via The Jerusalem Post)

Ramallah dan Hebron juga tampaknya berada dalam daftar target pembalasan Iran jika Israel melakukan serangan terhadap Republik Islam tersebut.

Iran, disebutkan juga akan menembakkan rudal ke banyak daerah kosong di Gurun Negev, meskipun tidak jelas mengapa mereka melakukannya.

Namun, peta tersebut menghindari Jalur Gaza, memfokuskan pin merah di sepanjang perbatasan daerah kantong pantai.

Jika Iran menembaki kota-kota Palestina, itu bukan pertama kalinya apa yang disebut Poros Perlawanan (nama yang digunakan oleh Iran dan kuasanya untuk aliansi mereka) menyerang kota-kota Palestina di Tepi Barat.

Untuk diketahui, selama Operasi Penjaga Tembok pada Bulan Mei, sebuah roket yang ditembakkan dari Gaza oleh Hamas mendarat di dekat kota Palestina Azun di Tepi Barat. Hamas mengklaim pada saat itu bahwa roket itu ditujukan ke Modi'in, yang terletak sekitar 30 kilometer selatan Azun.

Sementara, selama Operasi Protective Edge pada tahun 2014, beberapa roket ditembakkan ke Tepi Barat, dengan satu roket mendarat di dekat Hebron dan satu lagi di dekat Betlehem.