Wagub DKI Sebut Kasus Omicron yang Ditemukan di Indonesia Masuk Melalui WNA
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah mengumumkan kasus pertama konfirmasi COVID-19 varian B.1.1.529 atau Omicron pada hari ini. Satu kasus Omicron yang sudah terdeteksi menularkan petugas kebersihan di RSDC Wisma Atlet.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan kasus Omicron yang terdeteksi masuk melalui WNA yang datang ke Indonesia.

"Kami mendapat informasi melalui Kemenkes adanya Omicron yang masuk Jakarta melalui WNA dan ada orang kita (WNI) yang sekarang berada di Wisma Atlet," kata Riza di Balai Kota DKI, Kamis, 16 Desember.

Riza mengungkapkan, petugas kebersihan yang terpapar Omicron bukan merupakan warga Jakarta. Ia hanya bekerja di Wisma Atlet.

"Informasi yang kami terima bukan warga Jakarta," ucap Riza.

Meski demikian, Riza menyebut saat ini Dinas Kesehatan DKI tengah melakukan pengecekan ulang untuk mengonfirmasi informasi yang diterima Pemprov DKI.

Usai adanya temuan Omicron di Jakarta, Riza mengungkapkan Pemprov DKI menguatkan upaya 3T, yakni testing, tracing, dan treatment. Lalu, terdapat peningkatan pengawasan setiap pelaku perjalanan dari luar negeri.

"Tentu yang perlu ditingkatkan adalah kami semua, pemerintah pusat dan daerah, memastikan semua proses yang masuk ke Jakarta harus lebih ditingkatkan lagi yang bersangkutan dari luar negeri untuk memastikan bahwa yang bersangkutan tidak terpapar varian Omicron," jelas Riza.

Diketahui, tiga orang petugas kebersihan di RSDC Wisma Atlet yang menunjukkan hasil positif COVID-19. Mereka ini terpapar COVID-19 per tanggal 8 Desember lalu.

Kemudian, sampel WGS petugas kebersihan ini di dikirimkan ke Balitbangkes Kementerian Kesehatan pada 10 Desember 2021 untuk melakukan pemeriksaan whole genome sequencing. Hasilnya, satu dari tiga kasus terpapar varian Omicron per tanggal 15 Desember. Mereka saat ini sudah kembali melakukan PCR dan menunjukkan hasil negatif.