Teknologi BRIN Ubah Limbah Kayu Jadi Produk Komposit Ramah Lingkungan
ILUSTRASI PIXABAY

Bagikan:

JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengembangkan teknologi pengolahan limbah kayu menjadi produk komposit ramah lingkungan berupa bantalan kaki palet (chip block pallet/CBP) berkualitas ekspor.

"Teknologi pemanfaatan limbah kayu untuk produk komposit ramah lingkungan berupa chip block pallet ini dapat menjadi model solusi secara nasional bagi permasalahan limbah biomassa lignoselulosa nasional yang sangat melimpah di Indonesia," kata Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN Mego Pinandito dikutip Antara, Kamis, 16 Desember.

Menurut inventor CBP Sukma Surya K, CBP merupakan produk komposit yang ramah lingkungan karena bebas emisi formaldehida yang membahayakan kesehatan dan bahan bakunya dari limbah industri kayu.

Selain itu, ia mengatakan, CBP memiliki kekuatan menahan beban superior, daya tahan paku tinggi, ketahanan tinggi, dan cara pemasangannya sederhana.

Mego mengatakan peningkatan nilai jual dari produk CBP diperkirakan 150 sampai 250 dolar AS per meter kubik.

Komersialisasi produk CBP dari limbah biomassa lignoselulosa itu, menurut dia, bisa mengurangi ketergantungan terhadap produk CBP yang diimpor dari China, membuka lapangan pekerjaan baru, dan mendatangkan solusi bagi masalah lingkungan.

Peneliti BRIN berupaya meningkatkan nilai tambah limbah industri kayu karena harga jual limbah industri kayu di pasar hanya sekitar Rp200 per karung. Limbah industri kayu biasanya digunakan untuk bahan bakar di pabrik tahu.

Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Hayati BRIN Iman Hidayat mengatakan teknologi produksi CBP merupakan salah satu bentuk respons cepat BRIN dalam membantu pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pada 2020 perwakilan dari CV Kibti Furniture mendatangi BRIN guna menyampaikan masalah limbah biomassa industri kayu di wilayah Jepara dan potensi pemanfaatannya untuk produksi CBP berstandar internasional.

Pusat Unggulan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lignoselulosa Pusat Riset Biomaterial BRIN meresponsnya dengan membuatkan prototipe CBP yang sesuai dengan kebutuhan industri.

BRIN pada 2021 mengucurkan pendanaan untuk mengembangkan dan mempercepat komersialisasi produk komposit bantalan kaki palet. Produk tersebut sudah diuji dan diterima pasar ekspor.