Jelang Natal, Wali Kota Gibran: Besok Saya Sama Pak Kapolres Keliling Gereja di Solo, Cek PeduliLindungi
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming/Antara

Bagikan:

SOLO - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka akan meninjau kesiapan gereja jelang perayaan Natal 2021. Hal ini dilakukan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan.

"Nanti pakai PeduliLindungi juga," kata Gibran di Solo, Rabu, 14 Desember.

Meski demikian, diakuinya, ada beberapa gereja yang belum memiliki kode batang (barcode) untuk PeduliLindungi.

"Iya, ada beberapa gereja yang belum punya (barcode), tapi tenang saja," katanya.

Dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Surakarta Nomor 067/4904 tentang PPKM Level 2 Serta Pencegahan Penanggulangan COVID-19 Pada Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Kota Surakarta mengatur tentang pelaksanaan ibadah Natal yang dilakukan secara "hybrid".

Pada SE tersebut, beberapa yang diatur di antaranya gereja membentuk Satuan Tugas Protokol Kesehatan Penanganan COVID-19 yang berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Surakarta dan jumlah umat yang dapat mengikuti kegiatan ibadah dan perayaan Natal secara berjemaah atau kolektif tidak melebihi 50 persen dari kapasitas ruangan.

Selain itu, dilakukan juga pelarangan untuk melakukan pawai atau arak-arakan dalam rangka peringatan Hari Raya Natal Tahun 2021 yang melibatkan jumlah peserta dalam skala besar.

"Besok saya sama Pak Kapolres keliling gereja di Solo. Kami akan cek PeduliLindungi-nya," katanya.

Sementara itu, terdapat ratusan gereja yang ada di Kota Solo dengan rincian sebanyak 16 gereja dengan kategori anggota jemaah di atas 1.000 orang, 22 gereja dengan kategori 500-1.000 orang jemaat, dan 131 gereja dengan anggota jemaah di bawah 500 orang.