Naskah Asli Teks Proklamasi Tulisan Bung Karno Ditampilkan di Istana Merdeka
Naskah asli teks proklamasi tulisan Soekarno (Foto: Muchlis Jr - BPMI Setpres/Instagram Kemensetneg)

Bagikan:

JAKARTA - Naskah asli teks proklamasi yang bertulisan tangan Soekarno akan dihadirkan pada upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka.

Sekretariat Presiden dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan serah terima arsip bersejarah tersebut pada Minggu, 16 Agustus. Naskah asli teks proklamasi akan ditampilkan di mimbar kehormatan saat upacara berlangsung di halaman Istana Merdeka, 17 Agustus.

Setelah dilakukan serah terima, naskah asli teks proklamasi dibawa dari depot penyimpanan arsip statis ANRI menuju Istana oleh Sekretariat Presiden.  Proses serah terima dilakukan oleh Direktur Preservasi, Deputi Konservasi Arsip ANRI, Kandar, kepada Kepala Biro Umum, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Yudhi Wijayanto.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka kali ini dilakukan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan ini mengikuti protokol kesehatan karena digelar di tengah pandemi COVID-19.

Sementara itu, pihak Istana Kepresidenan mengajak pemerintah daerah untuk membunyikan sirine di lokasi strategis masing-masing wilayah, tepat pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB, seiring pengibaran Bendera Merah Putih memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.