Bagikan:

BATAM - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menggelar operasi pasar murah guna menjaga kestabilan harga dan ketersediaan barang pokok menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Kegiatan ini penting dilakukan karena beberapa hari terakhir sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga. Seperti kita ketahui harga ini dipengaruhi oleh siklus cuaca," kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad di Batam, Antara, Senin, 13 Desember. 

Pemkot Batam melibatkan sekitar 50 distributor dalam operasi pasar murah, agar harga yang ditawarkan kepada masyarakat bisa lebih murah. "Kalau semisal ada barang yang lebih mahal, saya perintahkan komoditinya ditarik saja daripada tersebar informasi yang bias ke masyarakat," kata dia.

Ia mengajak masyarakat memanfaatkan operasi pasar murah agar dapat memenuhi kebutuhan dengan harga relatif murah. Operasi pasar murah digelar bergilir ke seluruh kecamatan di pulau utama.

Barang yang dijajakan di operasi pasar antara lain beras, minyak goreng, telur, gula, tepung, daging ayam dan daging sapi, cabai, bawang merah dan bawang putih. Kemudian sayuran, buah-buahan, ikan, olahan ikan, hingga Gas LPG 3 kilogram dan Bright Gas 5,5 kg.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau mengatakan operasi pasar murah merupakan kerja sama antara pihaknya dengan Asosiasi Distributor Kota Batam, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertamina Persero Kepri serta Bulog.

"Operasi pasar ini diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau," kata dia.

Operasi pasar dilaksanakan pada sembilan kecamatan pulau utama selama lima hari, mulai 13 Desember hingga 18 Desember 2021, pukul 09.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB.

Hari ini operasi pasar digelar di Kecamatan Batam Kota dan Kecamatan Nongsa, Selasa, 14 Desember di Kecamatan Sagulung dan Batuaji, Rabu, 15 Desember di Kecamatan Seibeduk. Selanjututnya, Kamis, 16 Desember di Kecamatan Bengkong dan Kecamatan Sekupang dan Sabtu, 18 Desember di Kecamatan Lubukbaja dan Kecamatan Batuampar.