Bagikan:

PALU - Polres Palu bakal menggelar Operasi Lilin Tinombala selama perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Operasi akan dilangsungkan selama 15 hari di wilayah Kota Palu, Sulawesi Tengah untuk memastikan perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 berjalan aman. "Baru saja selesai kita menggelar rapat koordinasi, dan pengamanannya nanti kita gelar operasi lilin selama 15 hari mulai dari Senin 21 Desember 2021 sampai 4 Januari 2022," kata Wakapolres Palu Kompol Yardin Kamril dikutip Antara, Rabu, 8 Desember.

Operasi Lilin Tinombala, merupakan rangkaian pengamanan hari Natal 2021 serta penyambutan Tahun Baru 2022, akan melibatkan personel gabungan yang terdiri dari TNI AD Kodim 1306 Donggala, Satpol PP Kota Palu dan unsur Pemkot lainnya.

Nantinya sebelum Operasi Lilin Tinombala dimulai, pihaknya akan menggelar apel gelar pasukan di halaman Mapolres Palu, Jalan Samratulangi, Senin, 21 Desember. 

Selain itu, Polres Palu akan mendirikan pos pengamanan yang terfokus pada sejumlah titik keramaian yang ada di wilayah Kota Palu, diantaranya Pos BNI Hasanuddin dan Hutan Kota Palu.

“Memang kita haru memberikan pengamanan secara maksimal kepada masyarakat baik saat natal maupun malam pergantian tahun nanti, dan operasi ini akan melibatkan ratusan personel gabungan dari Polda Setempat," jelasnya.

Sementara Kapolres Palu, AKBP Bayu Indra mengatakan berdasarkan hasil evaluasi dari operasi penyakit masyarakat Tinombala (pekat) beberapa waktu yang lalu, beberapa ruas jalan yang ada rentan dengan tindakan-tindakan kriminal.

"Mungkin jalanannya yang sepi dan masih minim penerangan, sehingga kita fokus pada titik-titik itu untuk memberi rasa aman pada masyarakat, sehingga tidak perlu khawatir," jelasnya.

Kapolres Palu itu mengimbau kepada masyarakat Kota Palu apabila melihat, mengetahui maupun mendengar tindakan kriminal untuk segera mungkin melapor ke pos-pos polisi terdekat.