Survei Terbaru, Kepuasan Terhadap Kinerja Presiden Jokowi Meningkat
Presiden RI Joko Widodo (Foto: Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait kinerja presiden. Temuan survei mencatat, tingkat kepuasan publik pada kinerja Presiden Joko Widodo meningkat dalam 2 hingga tiga bulan terakhir ini. Sebanyak 72 responden merasa puas dan cukup puas dengan kerja Jokowi.

"Kinerja presiden total ada sekitar 72 persen yang sangat puas atau cukup puas terhadap kinerja presiden Jokowi," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam paparan hasil survei, Minggu, 5 Desember.

Menurutnya, kenaikan ini terbilang mengejutkan lantaran pada Juli 2021, Jokowi mencatatkan tingkat kepuasan kinerja terendah dalam enam tahun terakhir. Saat itu, kata Burhanuddin, tingkat kepuasan Jokowi hanya 59 persen.

"Artinya ada kenaikan hingga 13 persen pada bulan November. Ini approval rating sekarang adalah kenaikan paling tinggi selama pandemi 2 tahun terakhir," ungkapnya.

Survei ini dilakukan secara tatap muka yang digelar pada 2 hingga 6 November 2021 dengan melibatkan 2020 orang. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.