Sambut MotoGP Pemerintah Setempat Gelar Sejumlah Festival, di Antaranya Pameran Mutiara
Mutiara hasil pengrajin Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, akan dipamerkan kembali saat MotoGP 20 Maret 2022. (Foto: Nirkomala/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan sejumlah agenda festival untuk menyambut dan menyukseskan perhelatan internasional MotoGP yang akan berlangsung 20 Maret 2022 di Sirkut Pertamina Mandalika.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Jumat mengatakan, beberapa festival yang akan digelar menyambut MotoGP di antaranya Festival "Peresean", Festival Mataram Mandalika Fair dan Festival Pameran Mutiara.

"Festival Mataram Mandalika Fair dan Festival Pameran Mutiara, sudah sukses kami gelar saat menyambut World Superbike (WSBK). Jadi kami ingin gelar lagi dengan persiapan yang lebih maksimal," katanya dilansir Antara, Jumat, 26 November.

Dikatakan, dari pengalaman kegiatan Festival Mataram Mandalika Fair dan Festival Pameran Mutiara saat WSBK, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sangat antusias dan UMKM mendapatkan dampak ekonomi.

"Alhamdulillah, kegiatan saat WSBK banyak peminat dan semua stan yang kami siapkan terisi. Bahkan untuk pameran mutiara nilai transaksinya mencapai sekitar Rp150-200 juta," ujar Denny.



Dengan kegiatan MotoGP ini diharapkan bisa mendongkrak ekonomi masyarakat lebih maksimal. Termasuk untuk pengjarin lainnya seperti pengrajin cukli.

"Kita liat nanti seberapa besar UMKM akan diakomodasi lagi saat MotoGP. Karena itu kita harapan pelaku UMKM juga bisa menyiapkan diri secara maksimal agar hasil produksi diminati pengunjung," katanya.

Sementara terkait dengan lokasi pelaksanaan festival termasuk Festival "Persean" lokasinya belum dipastikan. "Festival Peresean kita tampilkan sebagai salah satu promosi pariwisata budaya di Pulau Lombok," katanya.