Hari Ini Demo KSPI di Depan MK, Akan Ada Penutupan Jalan Hingga Rekayasa Lalu Lintas
ILUSTRASI

Bagikan:

JAKARTA – Hari ini Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar aksi demo di depan Mahkamah Konstitusi dan Balai Kota DKI Jakarta. Demo tersebut diketahui sebagai bagian dari pengawalan keputusan MK terkait gugatan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Ciptaker).

"Ada 2.645 personil TNI, Polri dan Pemda," terang Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat AKP Sam Suharto, dikutip VOI, Kamis 25 November.

Terpisah, Kasatlantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Purwanta mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus lalu lintas saat demo berlangsung.

"Kalau memungkinkan penutupan (jalan), akan ditutup lebih awal," kata Purwanta, kepada wartawan, di Jakarta.

Ruas jalan yang akan ditutup, lanjut Purwanta, yakni dari Patung Kuda yang mengarah ke Istana Negara serta dari arah Harmoni menuju ke selatan.

"Untuk yang lingkungan mengarah ke Istana ditutup kecuali tentatif pejabat mau ke situ enggak apa-apa," ujarnya.

Penutupan jalan masih bersifat situasional. Kata Purwanta, artinya melihat bagaimana kondisi dan situasi di lapangan.

Presiden KSPI Said Iqbal mengklaim bahwa ada puluhan ribu hingga ratusan ribu buruh yang akan dikerahkan dalam aksi demo ini.

"Aksi ini serempak melibatkan puluhan ribu sampai ratusan ribu orang dan merupakan eskalasi buruh yang naik, istilahnya marahnya sudah di atas ubun-ubun ini," ujarnya dalam konferensi pers, Rabu 24 November.