Hadiri Sidang IPU ke-143 di Madrid, Puan Maharani Bakal Bicara Tantangan Demokrasi
Ketua DPR Puan Maharani/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani diagendakan menghadiri sidang Inter Parliamentary Union (IPU) ke-143 di Madrid, Spanyol. Sidang IPU dihadiri secara fisik untuk merumuskan upaya-upaya bersama di tingkat global dalam menghadapi tantangan bersama.

Dalam sidang tersebut, Puan Maharani bakal menyampaikan sejumlah hal. Salah satunya, sebagai langkah persiapan Indonesia menjadi tuan rumah pada forum parlemen internasional ke-144 di Bali. 

"Ketua DPR RI, Puan Maharani akan berpidato pada closing session forum Sidang Umum IPU ke-143 Madrid, sekaligus menyampaikan undangan kepada seluruh parlemen negara-negara anggota IPU untuk hadir pada Sidang IPU ke-144 pada tanggal 20-24 Maret 2022 di Bali, Indonesia,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR, Indra Iskandar, Rabu, 24 November. 

Ketua DPR juga akan menyampaikan pidato pada sesi General Debate terkait tema Contemporary Challenges to Democracy: Overcoming division and building community.

Pertemuan ini bertujuan agar 179 negara anggota dapat duduk bersama dan bertukar pikiran mengenai berbagai isu global, termasuk penanganan pandemi COVID-19. Pasalnya, pandemi COVID-19 semakin memperburuk tantangan yang ada dan mempengaruhi proses demokrasi.

Karenanya, menurut Indra, Ketua DPR Puan Maharani akan berbicara mengenai tantangan demokrasi saat ini. Juga mengenai dampak pandemi COVID-19 bagi demokrasi, dan peran parlemen untuk menjaga kelangsungan demokrasi.

“Untuk mengatasi tantangan yang dihadapi berbagai negara di dunia, dibutuhkan upaya bersama baik di tingkat nasional maupun internasional. Kepemimpinan politik dan solidaritas diperlukan untuk menemukan pendekatan-pendekatan baru guna memperbaharui dan menjaga demokrasi,” kata Indra.

Sementara, agenda sidang IPU General Assembly di Madrid diantaranya membahas mengenai tantangan kontemporer demokrasi untuk mengatasi perpecahan dan membangun komunitas.

“Para anggota IPU akan membahas bagaimana peran parlemen dapat menjaga kelangsungan demokrasi, terutama dengan merebaknya polarisasi, berkurangnya trust baik antar maupun di dalam negara,” jelas Indra.

Sidang IPU akan digelar dengan berbagai sesi seperti General Debate. Selain itu akan ada sidang-sidang komite antara lain Executive Committee, Committee on Human Rights of Parliamentarians, Governing Council Bureau of Women Parliamentarians, Forum of Young Parliamentarians dan workshop on Good Parliamentary Practices to Promote Interfaith Dialogue.

“Selain itu pada sesi Governing Council, Ketua DPR akan menyampaikan hasil sidang The First Global Conference on Achieving the Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah diselengarakan di Jakarta pada tanggal 28-30 September 2021 secara virtual,” terang Indra.

Selain itu, Puan akan menyampaikan intervensi pada forum panel discussion on strategies for gender-responsive law making. Puan, juga akan mengadakan beberapa bilateral meeting antara lain dengan Ketua Parlemen Spanyol, Presiden IPU, dan Sekretaris Jenderal UN WTO.

IPU General Assembly ke-143 juga akan membahas isu terkait human rights atau Hak Asasi Manusia (HAM). Tema yang diangkat yaitu bagaimana legislasi dan kebijakan dapat mengatasi eksploitasi seksual online pada anak, dan emergency item terkait Global Parliamentary Support for the Humanitarian Situation of the Palestinians.