Erick Thohir Jelaskan Alasan Gandeng KSAD Andika Jadi Wakil Ketua di Tim Penanganan COVID-19
Ketua Pelaksana Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Erick Thohir bersama KSAD Andika Perkasa (Foto: Timkom Komite Penanganan COVID-19 dan PEN)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional sekaligus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menggandeng Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai wakilnya.

Dengan bekerja sama dengan Andika, dia berharap sisi penegakan hukum utamanya dalam meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 dapat dilakukan secara intens, lebih luas, dan masif.

"Satu kunci dalam memerangi pandemi adalah menjaga kepatuhan, ketaatan, dan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan selama pandemi. Sosialisasi tentang pentingnya menjaga protokol itulah yang perlu kita tingkatkan sehingga saya merasa perlu keterlibatan TNI Angkatan Darat," kata Erick dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Sabtu, 8 Agustus.

Dia mengatakan TNI Angkatan Darat punya struktur organisasi hingga ke pelosok negeri yang tersebar di 83 ribu desa dan kelurahan. Dengan struktur ini, diharapkan TNI mampu menjadi contoh sekaligus mengajak masyarakat untuk disiplin dengan terus menggunakan masker, cuci tangan, dan menjaga jarak. 

"Sambil menunggu kesiapan imunisasi vaksin COVID-19 yang kami jadwalkan tahun depan," tegasnya.

Lebih lanjut, Erick mengatakan dirinya sangat menghargai dan mendukung keinginan masyarakat kembali beraktivitas seperti bekerja, melakukan perjalanan, berolahraga, atau menjalankan kegiatan rutin lainnya di fase kebiasaan baru setelah selama lima bulan menjalani masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Namun, melihat masih tingginya angka penyebaran COVID-19 maka pemerintah akan lebih berfokusi untuk melakukan sosialisasi prinsip 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak selama pandemi COVID-19 masih terus berlangsung.

"Fokus kami di Komite sudah jelas, kesehatan pulih, ekonomi bangkit. Terkait upaya pemulihan kesehatan, maka kami harus benar-benar turun ke bawah dengan semangat memudahkan dan melayani masyarakat agar bersama dan saling bahu membahu memerangi pandemi ini hingga tuntas," ungkapnya.

Melalui keterangan tertulis itu, Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan kesiapan menjadi bagian dari tim yang punya misi mengatasi pandemi dan pemulihan ekonomi nasional secara tepat.

"Kami siap memberikan dukungan dan bantuan atas misi bersama ini untuk memulihkan kesehatan masyarakat dan juga ekonomi nasional. Kami akan melibatkan struktur komando hingga lapisan terbawah yang dekat dengan masyarakat agar disiplin dan taat protokol kesehatan," pungkasnya.