Bagikan:

JAKARTA - Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Jakarta - Cikampek (Japek), AKP Rikky Atmaja membenarkan, tiga orang pelaku ditemukan petugas tengah memotong tiang besi proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) di kilometer KM 34 Cibatu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Setelah dicek ternyata bukan pekerja proyek, akhirnya kita amankan disini," kata AKP Rikky kepada wartawan, Selasa 23 November.

Dari pengakuan ketiga tersangka, mereka mengaku mau mencuri dengan cara memotong besi.

"Tapi sebelum kita tangkap, tiang tersebut belum terpotong. Baru proses pengelasan, keburu tertangkap tangan oleh personel trantib," ucapnya.

Tukang las diantara tiga pelaku pencuri besi Kereta Cepat Indonesia - China/ Foto: IST

Berdasarkan pengakuan ketiga pelaku, mereka berhasil mencuri besi proyek kereta cepat pada aksi pertama. Kawanan pencuri itu berhasil menggondol besi seberat 100 kilogram.

"Pelaku sudah melakukan aksinya ini yang kedua kali. Yang pertama dia berhasil memotong 1 kwintal lebih besi," ujarnya.

Dari tempat kejadian perkara, ditemukan alat las, tabung gas, oksigen, palu, linggis dan terpal yang berada di dalam mobil pelaku. Peralatan tersebut digunakan pelaku ketika melancarkan aksi pencuriannya.

Dalam aksinya, pelaku menggunakan modus dengan menutupi percikan las dengan terpal untuk mengelabui petugas patroli.

"Kalau sindikat kami belum bisa menyatakan itu, kemungkinan nanti di dalami di Reskrim. Yang pasti pengakuan mereka, dia sudah melakukan yang kedua kali nya dan tertangkap tangan," katanya.

Para pelaku melancarkan aksinya mulai pukul 04.00 wib hingga 04.30 wib. Ketiga pelaku merupakan warga Cibatu.

"Dari pengakuan mereka, mereka beroperasi di sekitaran Cibatu. Kasus akan dilimpahkan ke Polres Metro Bekasi Kabupaten, untuk proses lebih lanjut. Kami sedang kordinasi dengan pihak Polres," katanya.