Sah! Bambang Pacul Jadi Ketua Komisi III DPR Gantikan Herman Herry
Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul dilantik menjadi Ketua Komisi III DPR menggantikan Herman Herry yang dirotasi ke Komisi VII./FOTO Nailin In Saroh-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul dilantik menjadi Ketua Komisi III DPR menggantikan Herman Herry yang dirotasi ke Komisi VII.

Pelantikan tersebut dilakukan oleh Wakil Ketua DPR bidang Korpolkam Lodewijk F Paulus di ruang Komisi III DPR, Senin, 22 November.

"Tanggal 16 November 2021 perihal perubahan penugasan AKD atas dasar tersebut maka terjadi perubahan susunan ketua komisi III dari unsur fraksi PDIP yaitu semula Herman Herry diganti Bambang Wuryanto," ujar Lodewijk.

Lodewijk menjelaskan, berdasarkan pasal 58 ayat 2, ayat 13, dan ayat 16 Peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib menyatakan pimpinan terdiri dari satu orang ketua, dan paling banyak empat orang wakil ketua yang dipilih dari anggota komisi dalam satu paket tetap sesuai dengan prinsip musyawarah mufakat.

"Saya akan tanyakan apakah pergantian ketua komisi III dari unsur Fraksi PDIP yang semula Herman Hery digantikan Bambang Wuryanto dapat disetujui?," tanya Lodewijk yang dijawab setuju para anggota Komisi III.

Dengan telah disetujuinya pergantian ketua Komisi III DPR dari Fraksi PDIP maka susunan pimpinan Komisi III menjadi sebagai berikut:

1. Bambang Wuryanto sebagai ketua dari Fraksi PDIP.

2. Adies Kadir sebagai wakil ketua dari Fraksi Golkar

3. Desmond J. Mahesa sebagai wakil ketua dari Fraksi Gerindra

4. Ahmad Sahroni sebagai wakil ketua dari Fraksi NasDem

5. Pangeran Khairul Saleh sebagai wakil ketua dari Fraksi PAN