Puskesmas di Cianjur Sediakan Layanan Vaksinasi COVID-19 Malam Hari
Ilustrasi FOTO ANTARA

Bagikan:

CIANJUR - Pelayanan vaksinasi COVID-19 disediakan hingga malam hari di puskesmas-puskesmas di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, guna memudahkan warga mengakses pelayanan vaksinasi.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Cianjur Irvan Nur Fauzy, layanan vaksinasi malam hari disediakan di puskesmas penyedia layanan gawat darurat obstetri neonatal (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar/PONED).

Irvan mengatakan dari 47 puskemas yang ada di seluruh wilayah Cianjur, ada 24 puskesmas yang berkategori PONED.

"Baru 10 dari 24 puskesmas dengan kategori PONED yang sudah melaksanakan vaksinasi pada malam hari," katanya dikutip Antara, Minggu, 21 November.

"Puskesmas yang lain masih dipersiapkan untuk melakukan pelayanan yang sama," katanya menambahkan.

Penyediaan pelayanan vaksinasi pada malam hari di puskesmas, menurut dia, merupakan bagian dari upaya untuk mempercepat penuntasan vaksinasi COVID-19 pada 1,9 juta warga yang menjadi sasaran vaksinasi di Kabupaten Cianjur.

Sementara itu,  Wakil Bupati Cianjur TB Mulyana Syahrudin mengatakan pemerintah daerah berencana menyediakan  pelayanan vaksinasi COVID-19 malam hari di seluruh puskesmas.

"Kita merencanakan seluruh puskesmas dapat memberikan pelayanan vaksinasi pada malam hari. Namun untuk saat ini, baru puskesmas kategori PONED yang sudah melaksanakan. Kami juga akan menggelar vaksinasi dari rumah ke rumah sebagai upaya percepatan," katanya.

Irvan mengatakan cakupan vaksinasi COVID-19 di Cianjur saat ini sudah 55 persen dan ditargetkan mencapai 70 persen pada akhir tahun 2021 agar Cianjur bisa masuk wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 1.

Selain menyediakan pelayanan vaksinasi pada malam hari, pemerintah daerah bekerja sama dengan instansi dan organisasi masyarakat menyelenggarakan pelayanan vaksinasi dari rumah ke rumah serta pelayanan vaksinasi di tempat umum untuk mempercepat penuntasan pelaksanaan vaksinasi COVID-19.