Terbukti Efektif, Kecamatan Payakumbuh Timur Sumbar Sediakan Vaksinasi COVID Hingga Malam Hari
Camat Payakumbuh Timur Dewi Novita (ANTARA)

Bagikan:

SUMBAR - Dalam upaya mempercepat penuntasan vaksinasi COVID-19, pelayanan vaksinasi disediakan hingga malam hari di wilayah Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat.

"Pelaksanaan ini untuk mempermudah masyarakat yang tidak bisa mengikuti vaksinasi di siang hari karena kesibukan masing-masing," kata Camat Payakumbuh Timur Dewi Novita di Payakumbuh dilansir Antara, Kamis, 8 November. 

Pelayanan vaksinasi COVID-19 malam hari yang disediakan sejak Senin, 15 November ini  terbukti efektif membantu warga mengakses pelayanan vaksinasi.

"Bahkan ada 80 masyarakat yang mendaftar untuk ikut vaksin meski hanya 59 yang bisa divaksin karena ada yang jadwal vaksin keduanya belum datang. Berarti ini akan efektif jika sering kita gelar," katanya.

Dewi mengatakan, pemerintah kecamatan juga menyediakan pelayanan vaksinasi dalam acara-acara yang dihadiri oleh banyak orang, seperti dalam lomba layang-layang di Kelurahan Payobasung.

"Kami bersama dengan kelurahan terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan vaksinasi COVID-19 di Kecamatan Payakumbuh Timur," katanya.

Dia menekankan pentingnya peran aparat pemerintah kelurahan hingga pengurus dasawisma dan lingkungan rukun tetangga dan rukun warga dalam upaya menyisir warga yang belum menjalani vaksinasi.

"Semua pihak harus melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat, memberikan pemahaman sehingga masyarakat yang sebelumnya tidak mau jadi mau untuk divaksin," ujarnya.

Menurut data pemerintah kecamatan, hingga Senin lalu, vaksinasi COVID-19 sudah dilakukan pada sekitar 51 persen dari total 22 ribu warga yang menjadi sasaran vaksinasi di Payakumbuh Timur.

"Angka capaian vaksinasi terus bergerak karena kita terus melakukan vaksinasi di kelurahan-kelurahan, hari ini ada lima titik pelaksanaan vaksinasi COVID-19," kata Dewi.